SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Selasa, 23 Januari 2018

Apa itu produk Handmade ?

HANDMADE itu adalah sesuatu yang dibuat oleh seorang individu bukan dari suatu produk yang dibuat secara masal.

Hal ini berpengaruh dengan bahan dan mesin yang digunakan. handmade, biasanya limited edition... susah didapat, karena hanya di produksi sedikit/terbatas dalam jangka waktu tertentu, maklum kan bikinnya memakai tangan dan beberapa mesin pendukung ....
Jadi bukan berarti secara arti letterlux nya bikinan tangan tok, tapi juga membutuhkan peralatan/mesin untuk rumahan dalam batasan tertentu .

Di negara lain, produk buatan tangan (hand made) pasti lebih mahal, karena mereka menganggap buatan tangan lebih sulit dan ada nilai seninya.

Seharusnya produk handmade memiliki kesan beda, kenapa? Karena handmade tidak memungkinkan adanya produksi masal. Sehingga produk handmade pastilah eksklusif. Belum tentu sama dengan orang lain.

Selain itu produk handmade biasanya dibuat dengan detil dan cita rasa tinggi (walau mungkin sebenarnya cuma penggambaran di iklan-iklan saja). Tapi betul, craftmen atau disainer yang membuat produk handmade ini pastilah membuat satu barang itu dengan pengawasan tinggi, karena cuma dibuat sedikit.
Selain itu jahitan atau tekanan dan guratan atau sapuan warna yang dibuat oleh si seniman sendirilah yang memberi “keunikan” dari sebuah produk handmade.

Jadi, kalau bisa disimpulkan sih apa yang sebenarnya di jual dari kata-kata Handmade itu sendiri, adalah EKSKLUSIF! Itulah yang membuat produk2 handmade seperti sepatu italia atau tuxedo mentereng itu mahal harganya. Karena sedikit (eksklusif). Misal, bmw handmade hanya ada 7 di dunia. Atau ponsel bertahtakan berlian yang hanya diproduksi 200 di dunia. 200 itu tentu sedikit jika dibandingkan ponsel pabrikan yang jumlahnya jutaan diseluruh dunia. Kata handmade menawarkan keunikan yang eksklusif.

Contoh lain, jam tangan dari swiss, jika semisal merk jam Rolex buatan pabrik paling dijual harga 10 jutaan, tapi jika jam Rolex itu dibuat manual tangan manusia (hand made) harga bisa mencapai 200 juta. Beda jauh bukan, mereka lebih menghargai hasil buatan manusia daripada buatan pabrik.
Signature (ciri khas) dari tiap-tiap produk handmade lah yang membuat harganya mahal. Misal, Satu sepatu dengan merek sama yang biasanya ada di mall besar di Jakarta harganya sekitar 1-3 juta rupiah, dipameran (diluar negri) sekitar 7-9 juta rupiah. Customer bisa memilih sendiri bahan untuk sepatunya, warnanya, talinya, solnya, bahkan ring pengikat tali sepatu pun bisa dipilih sendiri oleh konsumen. 7 juta itu baru biaya jahit loh… hahaha tapi ini tentu saja baru terjadi di luar negri.

Jadi hargailah karya hadmademu sendiri dan ayo majukan produk handmade Indonesia ^_^

Diringkas oleh admin dari sumber2:
http://handmade-grotegebet.blogspot.com/2011/03/apa-itu-handmade.html
http://www.tivasi.com/product.php?category=8&product_id=1162
http://rosinsko.wordpress.com/2012/06/18/lapdangmat-dan-analisis-sepatu-bandung-apakah-hand-made-adalah-sebuah-nilai-jual/

Cara menentukan harga karya craft anda

Jika anda seorang crafter yang produktif mungkin suatu saat anda ingin menjual hasil karya anda dengan berbagai alasan misalnya karya yang sudah menumpuk sehingga anda kehabisan tempat untuk menyimpan, atau ada seseorang yang sangat tertarik membeli karya anda atau karena anda membutuhkan dana untuk modal karya selanjutnya dan sebagainya, semuanya sah-sah saja. Tak ada salahnya toh menjadikan karya craft menjadi penghasilan utama anda.

 
Salah satu masalah tersulit adalah mencari tahu berapa harga yang pantas untuk diberikan kepada hasil karya craft anda. Mungkin anda bingung dan khawatir jika memberi harga terlalu tinggi maka tidak akan ada peminat produk craft anda, jika memberi harga terlalu rendah mungkin anda akan mendapatkan banyak pembeli tapi anda akan merugi.
Salah satu praktek bisnis dasar yang jika diikuti akan mempermudah anda menentukan biaya. ( by Andrew Griffiths)
  1. Anda harus tahu biaya produksi yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha anda ( ket: Biaya produksi adalah biaya bahan baku dan biaya operasional ( fee karyawan dll) yang di timbulkan dalam menghasilkan produk craft dalam suatu periode di bagi jumlah produk craft yang dapat di jual dalam suatu periode tersebut. )
  2. Anda harus menentukan berapa laba/keuntungan yang ingin didapat dari bisnis anda 
  3. Jumlahkan kedua angka diatas maka anda akan mendapat berapa uang yang harus anda hasilkan setiap jam , hari, minggu, bulan dan tahun
  4. Setelah menentukan harga periksalah harga-harga yang ditawarkan orang lain untuk produk craft sejenis yang sama spesifikasinya dengan produk craft anda untuk mengetahui apakah harga anda layak.
Untuk mudahnya seperti ini
  • tentukan biaya produksi yaitu harga satu produk craft= fee tenaga/skill (anda/karyawan)  pembuatan produk craft dalam sebulan (jika dianggap gajiannya perbulan) + biaya  bahan baku yang dipakai + biaya operasional lain (listrik,pulsa,transportasi belanja bahan) semua dibagi jumlah banyaknya produk craft yang dihasilkan dalam sebulan.
  • tentukan keuntungan yang diinginkan (misal) 30% x biaya produksi = laba 
  • harga produk craft = biaya produksi+laba
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan .
  • Jika bisnis anda baru maka kwalitas produk craft anda tidak diketahui karena tidak mempunyai pelanggan/pembeli yang memberi kesaksian atau referensi , jika calon pembeli harus menilai karya craft anda berdasarkan apa yang anda katakan kepada mereka dan harga yang anda pasang ,dan  jika harga yang anda pasang terlalu tinggi tanpa ada hal yang mendukung maka kemungkinan besar calon pembeli tidak akan mau membelinya.
  • Sebaliknya , jika anda sudah menjalankan bisnis craft anda selama masa tertentu, maka anda akan memiliki sejarah kinerja, konsumen yang puas dan pengalaman yang memiliki nilai tertentu. Tentu ini akan menaikkan fee tenaga/skill anda. Berdasarkan hal ini anda bisa memasang harga lebih tinggi karena kualitas Anda sudah diketahui dan bisa mendukung janji-janji yang anda buat.
Banyak crafter salah menilai waktu dan keahlian mereka sendiri. Sebaiknya tetapkan harga sesuai nilai anda, selama anda bisa memberikan seperti yang anda janjikan maka tidak akan menjadi masalah, Menaikkan harga juga jauh lebuh sulit dari menurunkan harga. Berikan nilai (kwalitas) yang sesuai atas uang yang mereka bayarkan, maka mereka akan siap membayarnya.
Sulit menarik calon pembeli hanya dengan harga, Tentukan harga anda berdasarkan biaya, laba yang anda inginkan, persaingan dan fitur unik dari karya craft anda.
Teruslah berkarya …craft on!
 
dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi :)

Sabtu, 30 Desember 2017

DIY Pusheen pillow

Let's make your own Pusheen pillow
Draw the pattern on your cotton fabric
Cut it , make it double
Draw details with fabrics marker
Cute !
Sew the side around it , turning the good side fabric out, and fill with synthetic fibers
You got it!
Alhamdulillah 😊

Jumat, 29 Desember 2017

Miiko boneka tangan

Readystock cuma 1 set
Boneka tangan Miiko (40cm) + baju ganti/ set
WA : 08129597095
.
kostum bisa bongkar pasang + baju ganti dan topi (seperti di foto)
Muka :bordir
Rambut :benang rajut
Badan boneka dari kain nylex isian dakron


Kamis, 30 November 2017

December Collection 2017

Handmade Sleepy Bear
height: 40cm (when standing). .
made of cotton and jeans, hand embroidered eye, felt nose, synthetic fiber stuffing, satin ribbon, washable, safe for baby and children.

Indonesia silahkan
WA : 082124026020
Line : tsabitaboneka

Shipping world wide by EMS
Payment by Western Union /MoneyGram

Minggu, 01 Oktober 2017

Di PHP-in Sis ...?

Sebagai crafter dan berjualan secara online php itu udah kayak kejadian lumrah ditemui seperti cemilan diantara makanan utama. Saya akan membatasi pembahasan untuk yang berjualan di sosmed dan produknya ready stock jadi bukan pesanan khusus atau customize. Kenapa saya bahas untuk yang jualan di sosmed saja? Karena biasanya ibu-ibu lebih nyaman bertransaksi di sosmed karena kenal dengan penjualnya beda dengan marketplace ,di marketplace biasanya sudah ada beberapa peraturan yg mencegah kerugian di kedua belah pihak. 

PHP (Pemberi Harapan Palsu) disini artinya calon pembeli minta produknya (readystock) di keep (simpan) oleh penjual dengan janji akan transfer beberapa hari kemudian, tentu sudah melalui proses totalan belanja dan deal antara penjual dan calon pembeli dan berakhir dengan janji transfer tentu beserta no rekening yg telah diinfokan...  Dan pada saat hari-H- si transfer tak kunjung datang .... Penyebabnya bisa bermacam-macam , bisa karena calon customer terkena musibah kehilangan harta atau ternyata dia cuma penghubung (dropshiper) atau banyak alasan lain yg astral dan diluar jangkauan 😁

Beberapa penjual terutama kaum wanita menumpahkan kekesalan pada dunia maya , bahkan tak jarang juga menyindir dg mention jika berteman di sosmed, sehingga bisa terjadi status war. Apalagi jika ditambah calon pembeli tidak memberi kabar pembatalan Dan berakhir dengan pemblokiran...bisa jadi penggalangan massa di sosmed 😁

Mungkin dengan nyetatus ngamuk-ngamuk kekesalan kita akan berkurang, tapi apakah menguntungkan dari segi dunia dan akhirat...? Jelas tidak!

Bahkan bisa jadi calon2 customer masa depan akan mundur teratur mengetahui kegalakan kita di sosmed, akhirnya yang tadinya tertarik dengan produk kita jadi ngacir tanpa nge"sen" lagi....bablas.

Terus bagaimana dong sikap kita sebagai penjual...tentu keep calm and move on ! Pertama kita cek lagi peraturan jual beli kita apakah bisa memberi kenyamanan di kedua belah pihak, berilah pembatasan waktu untuk "keep" walaupun anda kenal dengan pembelinya. Akan lebih nyaman jika jual beli disepakati peraturan diawal. Jadi tidak ada baper lagi. Jika sesuai batas waktu tidak transfer juga berarti kita berhak menjual lagi ke umum, karena sudah disepakati batas waktu keep, tentu sebaiknya diberi peringatan sebelumnya bahwa batas waktu keep habis.

Jadi...? Keep calm and selling...karena bisa jadi it bukan rejeki kita, bukankah rejeki sudah ditentukan Allah, Jadi jangan terlalu kecewa dengan yang terluput, bisa jadi ada rejeki dari arah lain yang tidak kita duga, tetaplah berfikir positif dan berbaik sangka pada Sang Pemberi Rejeki kita.

Sekedar berbagi pengalaman. Sering saat saya mengalami kejadian seperti ini (PHP) ternyata seolah ada calon pembeli lain yg sudah menunggu Dan kadang dengan pembelinya dalam jumlah yang lebih daripada dengan si PHP.

Jadi kenapa kita harus menghabiskan energi untuk sesuatu yang memang bukan rejeki kita? jika ternyata ada rejeki yang di depan kita lebih baik dan lebih berkah...

Ayo semangaat sis..menjemput rejeki yg halal dan berkah untuk kita.

Pikiran negatif ..? Hempaskan!

Kamis, 21 September 2017

Just keep posting

Bagaimanapun jika karya craft kita belum laku2 juga ?

Jangan dikira ini hanya menimpa crafter pemula, bahkan crafter senior juga mengalami pasang surutnya penjualan karya craft nya, disamping kita harus tahu perkembangan trend craft yg kita geluti jangan lupa selalu optimis...

🎵🎵🎵
Just keep posting,
Just keep posting,
Just keep posting posting posting,
What do we do we post post post
🎵🎵🎵

Digubah dari : Just Keep Swimming
By Dory of Finding Nemo

Semangaat sistaa...!

Rabu, 05 Juli 2017

Setiap pekerjaan yg halal itu terhormat


Every job is honorable. As long as you give it your best and help people with good deeds, and the money you get from the job is not bad money.”

( semua pekerjaan itu terhormat. Selama kamu melakukan yang terbaik, bantu orang dengan niat yang baik, dan uang yang kamu hasilkan bukan uang yang buruk)

Kamis, 23 Februari 2017

Kok Mahal ya sis ?

Sis olshop yg berpengalaman tentu biasa membaca komentar seperti itu saat chat dengan calon customernya jd tidak akan begitu mempengaruhi jiwa raga ....

Tapi bagi crafter yg baru mulai menjajaki dunia per*olshop*an hanya seuntai kata itu sudah cukup membuat diserang 4L+1B letih lesu lunglai lelaah dan Baper dan rasanya mau nyerah aja....
Bahkan ada yg saking terpengaruh nya akhir nya banting harga nyungsep karena pedenya hilang...dan menganggap karyanya tak pantas mendapat harga yg layak.

Saya kasih tahu ya sis...dalam memberi harga banyak yg harus Kita perhitungkan....apalagi handmade  selain harga bahan, ongkos pengerjaan, pemakaian listrik & alat2, lama pengerjaan, paket internet untuk promo dan Jangan lupa keahlian setiap crafter juga berbeda juga akan mempengaruhi harga .... Oya sis saat memberi harga kita juga perlu meneropong kiri kanan melihat produk handmade sejenis dan semutu agar harga kita tidak terlampau mahal atau terlampau murah jadi harga wajar sesuai pasaran untuk produk craft buatan kita

Kalau semua udah kita lakukan ternyata tetep ada yg protes seperti judulnya diatas....Bagaimana reaksi kita ? Marah, baper atau nyerah ?

Kalo saran saya ya sis cukup balas dg jawaban yg baik seperti "oh... ga jadi beli gapapa mb sis..." Kasih emoticon senyum selesai.... Jangan di baperin karena nanti lama2 juga kita kebal hihihi... Dan yakinlah memang belum jodohnya karya kita dg dia ... InsyaAllah akan tiba jodoh yg tepat untuk karya kita yg sudah dibuat dg penuh cinta ...#eaaa

Sedikit berbagi pengalaman nih ya sis, saya pernah buat boneka gak laku2.....Lamaa...Padahal yg ngelike banyak...yg chat juga banyak...Banyak yg ngacir setelah tahu harganya (padahal harga saya juga udah dipajang di marketplace)....Padahal saya ngasih harga normal2 aja sesuai dg cara yg saya tulis diatas... Saya berfikir kok produk org lain laku yaa... Padahal mutu dan harga sama lah 11-12....
Ternyata setelah lama boneka tersimpan ada customer luar negri langsung borong ... Ga pake nawar ga pake mikir ga pake ba bi bu...Langsung minta shipping cost dan langsung transfer hari itu juga.... #Plak....Serasa dapet tamparan dr Allah.

Jadi teman2 rezeki memang sudah diatur Allah... Jadi jangan blingsatan lihat rezeki org lain ...jangan kayak saya tadi 😚.... ternyata memang costumer itu jodoh2an juga kalo ada yg PHP berarti emang belum jodoh, kan kasihan kalau kawin paksa 😜... Jd tetep semangaat yaa dalam menjemput rezeki yg halal.

Salaam sis ... 😋
#tipsolshop
#sharingiscaring
#berbagipengalaman
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...