SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Selasa, 23 Januari 2018

Apa itu produk Handmade ?

HANDMADE itu adalah sesuatu yang dibuat oleh seorang individu bukan dari suatu produk yang dibuat secara masal.

Hal ini berpengaruh dengan bahan dan mesin yang digunakan. handmade, biasanya limited edition... susah didapat, karena hanya di produksi sedikit/terbatas dalam jangka waktu tertentu, maklum kan bikinnya memakai tangan dan beberapa mesin pendukung ....
Jadi bukan berarti secara arti letterlux nya bikinan tangan tok, tapi juga membutuhkan peralatan/mesin untuk rumahan dalam batasan tertentu .

Di negara lain, produk buatan tangan (hand made) pasti lebih mahal, karena mereka menganggap buatan tangan lebih sulit dan ada nilai seninya.

Seharusnya produk handmade memiliki kesan beda, kenapa? Karena handmade tidak memungkinkan adanya produksi masal. Sehingga produk handmade pastilah eksklusif. Belum tentu sama dengan orang lain.

Selain itu produk handmade biasanya dibuat dengan detil dan cita rasa tinggi (walau mungkin sebenarnya cuma penggambaran di iklan-iklan saja). Tapi betul, craftmen atau disainer yang membuat produk handmade ini pastilah membuat satu barang itu dengan pengawasan tinggi, karena cuma dibuat sedikit.
Selain itu jahitan atau tekanan dan guratan atau sapuan warna yang dibuat oleh si seniman sendirilah yang memberi “keunikan” dari sebuah produk handmade.

Jadi, kalau bisa disimpulkan sih apa yang sebenarnya di jual dari kata-kata Handmade itu sendiri, adalah EKSKLUSIF! Itulah yang membuat produk2 handmade seperti sepatu italia atau tuxedo mentereng itu mahal harganya. Karena sedikit (eksklusif). Misal, bmw handmade hanya ada 7 di dunia. Atau ponsel bertahtakan berlian yang hanya diproduksi 200 di dunia. 200 itu tentu sedikit jika dibandingkan ponsel pabrikan yang jumlahnya jutaan diseluruh dunia. Kata handmade menawarkan keunikan yang eksklusif.

Contoh lain, jam tangan dari swiss, jika semisal merk jam Rolex buatan pabrik paling dijual harga 10 jutaan, tapi jika jam Rolex itu dibuat manual tangan manusia (hand made) harga bisa mencapai 200 juta. Beda jauh bukan, mereka lebih menghargai hasil buatan manusia daripada buatan pabrik.
Signature (ciri khas) dari tiap-tiap produk handmade lah yang membuat harganya mahal. Misal, Satu sepatu dengan merek sama yang biasanya ada di mall besar di Jakarta harganya sekitar 1-3 juta rupiah, dipameran (diluar negri) sekitar 7-9 juta rupiah. Customer bisa memilih sendiri bahan untuk sepatunya, warnanya, talinya, solnya, bahkan ring pengikat tali sepatu pun bisa dipilih sendiri oleh konsumen. 7 juta itu baru biaya jahit loh… hahaha tapi ini tentu saja baru terjadi di luar negri.

Jadi hargailah karya hadmademu sendiri dan ayo majukan produk handmade Indonesia ^_^

Diringkas oleh admin dari sumber2:
http://handmade-grotegebet.blogspot.com/2011/03/apa-itu-handmade.html
http://www.tivasi.com/product.php?category=8&product_id=1162
http://rosinsko.wordpress.com/2012/06/18/lapdangmat-dan-analisis-sepatu-bandung-apakah-hand-made-adalah-sebuah-nilai-jual/

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...