SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Selasa, 23 Januari 2018

Cara menentukan harga karya craft anda

Jika anda seorang crafter yang produktif mungkin suatu saat anda ingin menjual hasil karya anda dengan berbagai alasan misalnya karya yang sudah menumpuk sehingga anda kehabisan tempat untuk menyimpan, atau ada seseorang yang sangat tertarik membeli karya anda atau karena anda membutuhkan dana untuk modal karya selanjutnya dan sebagainya, semuanya sah-sah saja. Tak ada salahnya toh menjadikan karya craft menjadi penghasilan utama anda.

 
Salah satu masalah tersulit adalah mencari tahu berapa harga yang pantas untuk diberikan kepada hasil karya craft anda. Mungkin anda bingung dan khawatir jika memberi harga terlalu tinggi maka tidak akan ada peminat produk craft anda, jika memberi harga terlalu rendah mungkin anda akan mendapatkan banyak pembeli tapi anda akan merugi.
Salah satu praktek bisnis dasar yang jika diikuti akan mempermudah anda menentukan biaya. ( by Andrew Griffiths)
  1. Anda harus tahu biaya produksi yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha anda ( ket: Biaya produksi adalah biaya bahan baku dan biaya operasional ( fee karyawan dll) yang di timbulkan dalam menghasilkan produk craft dalam suatu periode di bagi jumlah produk craft yang dapat di jual dalam suatu periode tersebut. )
  2. Anda harus menentukan berapa laba/keuntungan yang ingin didapat dari bisnis anda 
  3. Jumlahkan kedua angka diatas maka anda akan mendapat berapa uang yang harus anda hasilkan setiap jam , hari, minggu, bulan dan tahun
  4. Setelah menentukan harga periksalah harga-harga yang ditawarkan orang lain untuk produk craft sejenis yang sama spesifikasinya dengan produk craft anda untuk mengetahui apakah harga anda layak.
Untuk mudahnya seperti ini
  • tentukan biaya produksi yaitu harga satu produk craft= fee tenaga/skill (anda/karyawan)  pembuatan produk craft dalam sebulan (jika dianggap gajiannya perbulan) + biaya  bahan baku yang dipakai + biaya operasional lain (listrik,pulsa,transportasi belanja bahan) semua dibagi jumlah banyaknya produk craft yang dihasilkan dalam sebulan.
  • tentukan keuntungan yang diinginkan (misal) 30% x biaya produksi = laba 
  • harga produk craft = biaya produksi+laba
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan .
  • Jika bisnis anda baru maka kwalitas produk craft anda tidak diketahui karena tidak mempunyai pelanggan/pembeli yang memberi kesaksian atau referensi , jika calon pembeli harus menilai karya craft anda berdasarkan apa yang anda katakan kepada mereka dan harga yang anda pasang ,dan  jika harga yang anda pasang terlalu tinggi tanpa ada hal yang mendukung maka kemungkinan besar calon pembeli tidak akan mau membelinya.
  • Sebaliknya , jika anda sudah menjalankan bisnis craft anda selama masa tertentu, maka anda akan memiliki sejarah kinerja, konsumen yang puas dan pengalaman yang memiliki nilai tertentu. Tentu ini akan menaikkan fee tenaga/skill anda. Berdasarkan hal ini anda bisa memasang harga lebih tinggi karena kualitas Anda sudah diketahui dan bisa mendukung janji-janji yang anda buat.
Banyak crafter salah menilai waktu dan keahlian mereka sendiri. Sebaiknya tetapkan harga sesuai nilai anda, selama anda bisa memberikan seperti yang anda janjikan maka tidak akan menjadi masalah, Menaikkan harga juga jauh lebuh sulit dari menurunkan harga. Berikan nilai (kwalitas) yang sesuai atas uang yang mereka bayarkan, maka mereka akan siap membayarnya.
Sulit menarik calon pembeli hanya dengan harga, Tentukan harga anda berdasarkan biaya, laba yang anda inginkan, persaingan dan fitur unik dari karya craft anda.
Teruslah berkarya …craft on!
 
dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi :)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...