SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Rabu, 19 Maret 2014

Tips memilih mesin jahit

Beberapa hari yg lalu suami saya ke Kota ( Jl Toko Tiga/ Jl Pangeran Jayakarta Jakarta) hanya untuk mencari sparepart mesin jahit merk Yamata saya yg sudah lama nganggur karena ga ada tukang servis yg sanggup memperbaikinya , sebab sparepartnya (feeddog) memang harus diganti karena patah dan tukang servis itu tidak punya stock sparepart untuk mesin yg tidak terkenal merknya.

Ternyata saudara2 ...sparepartnya yang dicari tidak ada sama sekali di pusat penjualan mesin jahit terlengkap se Indonesia itu T_T , menyesal sekali dulu belinya tergiur dengan bentuk dan harga yg murah dan variasi jahitannya yg aduhai  . Kata Koko si pemilik toko mesin jahit itu , biasanya mesin jahit dengan merk tidak terkenal seperti punya saya itu diimpor oleh importir perorangan, sehingga tidak ada servis after sale karena importir itu pasti hanya mengimport mesin jahit saja tidak mengimport sparepartnya karena akan membutuhkan modal besar.


Supaya teman2 tidak mengalami hal yg sama seperti saya saat membeli mesin jahit nanti , terutama bagi yang belum pernah beli sama sekali. silahkan dibaca beberapa tips memilih mesin jahit dibawah ini.
Pengalaman itu mahal saudara2 harganya lebih dari sejuta huehehe 


1. Tentukan kebutuhan 
 Jauh sebelum memilih mesin jahit, tentukan kebutuhan anda. kebutuhan dan keinginan jelas berbeda. Kebutuhan untuk penjahit pemula biasanya jahit lurus boleh dengan sedikit tambahan jahitan untuk variasi dekorasi. misalnya jahitan zigzag bisa berfungsi seperti semi obras. Untuk usaha garmen yang di butuhkan adalah mesin skala industri yg kuat dan berkecepatan tinggi bisa bekerja  24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu non stop.

2. Bodi mesin jahit 
 Mesin jahit jaman sekarang kebanyakan bodi luarnya terbuat dari  plastik atau fiber dan  rata-rata bisa di pindah-pindah (portable), tidak memerlukan meja jahit. Tetapi bodi dalamnya ada yang terbuat dari besi atau dari plastik. Yang terbuat dari besi dijamin akan awet,  Yang bodinya plastik cenderung ringan, bisa di tenteng-tenteng mirip laptop tapi ketahanannya diragukan. Dalam kasus saya body dan sparepart dalammnya kebanyakan terbuat dari plastik ... no  wonder baru berapa bulan ada bagian onderdilnya yg patah :( 

3. Rotasi 
 Prinsip kerja mesin jahit adalah benang di jarum jahit akan masuk ke dalam mesin yang ada spool (rumah benang berbentuk bulat yang biasanya ada di dalam mesin), dan di lakukan dengan gerakan memutar. Seperti mobil semakin halus bunyinya biasanya mesinnya bagus. Hal ini berlaku juga dengan mesin jahit, Dengarkan ketika dioperasikan, bandingkan bunyinya pilih yang paling halus. 

4. Variasi Jahitan 
 Banyak yang berpikir semakin banyak variasi jahitan maka semakin bagus, hal ini ternyata salah. Menurut salah satu penjual di pusat penjualan mesin jahit di Jln. Pangeran Jayakarta , jumlah variasi jahitan tidak menentukan apakan mesin jahit tersebut lebih bagus atau lebih buruk. Ada mesin jahit dengan 5 variasi jahitan tetapi harganya sangat mahal tapi suaranya sangat halus dan putaran mesinnya smooth. Jadi tetap fokus pada kebutuhan dasar dan jenis jahitan yang sering dipakai: jahit lurus, zigzag, jahit mundur dan lubang kancing. 

5. Spare Parts dan garansi 
 Perlu ditanyakan ketersediaan spare part dan servicenya. Mesin jahit kadang-kadang harus dilakukan perawatan/servis terutama jika jahitannya sudah mulai loncat-loncat. Tapi jika dioperasikan dengan lemah lembut dan sesuai manual book, rata-rata mereka bekerja dengan baik. 

6. Harga 
 Mesin jahit dengan kelas yang sama biasanya harganya tidak terpaut jauh. selisih antara 100-300 ribu. Jika budget mepet, fokus pada rotasi bukan variasi jahitan, usahakan merek yang familiar. Faktor lainnya adalah jika di web mesin tersebut update , ditambah lagi mereka menampilkan contoh-contoh project yang dikerjakan, bisa diasumsikan bahwa produsen mesin ini care terhadap customernya, buktinya tidak pelit membagi  ilmu.

7. Manual Book 
Pilih mesin jahit yang memberikan manual book yang bisa kita pahami. Yang berisi bagaimana mengoperasikan mesin jahit tersebut, bagaiman cara menggunakan tombol-tombol, menghadapi masalah sederhana yg umum terjadi pada mesin jahit dan jenis jarum tertentu yang harus dipakai.

semoga bermanfaat
dari berbagai sumber di internet dan pengalaman pribadi.

foto: Miniature Vintage inspired sewing machine by Boxwoodcottage on Flickr



1 komentar:

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Salam kenal kak.. Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola kemeja beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...