Tas Ransel Buatan Sendiri lho....!

Menjelang tahun ajaran baru tahun ini... putri saya yang naik kelas II SMP minta dibuatkan tas baru, dia sangat antusias ketika saya minta memotong bahan kainnya, sesudah saya buatkan polanya. Jika tahun lalu saya buatkan dia messenger bag sekarang dia minta dibuatkan tas ransel, bahannya dia yang pilih sendiri dari stok bahan saya :P , saya cuma menyarankan padu padan motif yang cocok.

Kelemahan tas sekolah yang sudah pernah saya beli adalah cepat rusak resleting/zippernya, ketika saya beli tas untuk anak-anak yang mutunya lebih baik tentu dengan konsekwensi harga lebih mahal, memang zippernya lebih awet, tapi ternyata bahannya yang kurang kuat . Jadi saya punya ide mempreteli zipper dan kepala gesper plastik pada tas anak-anak yang masih bagus untuk membuat tas baru. lihat lumayan keren kan hasilnya ....walaupun dalamnya masih kacau balau, yg penting anak senang :)


Sayang sekali saya tidak sempat mendokumentasi tahap per tahap tapi saya sempet memotret polanya. polanya hasil menjiplak tas ransel anak-anak juga tapi lebih saya sederhanakan, kantung luar hanya ada satu di depan, dan di dalam saya beri dua kantung dengan zipper untuk keamanan.


Bahan yang dipakai :

  • Kain katun 3 macam motif senada sesuai kebutuhan mungkin secara keseluruhan jumlahnya 1,5-2m (saya tidak menghitungnya karena sudah tersedia di rumah saya :D )
  • Kain keras untuk pelapis badan tas, alas tas dan tali pundak tas
  • Busa pelapis untuk kantung depan dan sisi samping tas
  • zipper 76cm dan 34cm untuk kantung depan, dan 2 zipper kecil untuk kantung dalam jika suka
  • kain pelapis dalam bisa dari kain belacu secukupnya cukup 1/2 m karena hanya untuk melapis yang ada kain kerasnya
Cara pembuatan:
  1. Potong Kain katun sesuai pola diatas,  potong juga untuk sisi kiri kanan zipper yang panjang sebagai bukaan atas/sisi atas 2 lembar  kain katun persegi panjang 8cm x 75cm, dan untuk tali yang kecil (untuk gantungan dan tali tas yang bergesper) persegi panjang: 2 lembar 44cm x 6cm, 1 lembar  21cm x 6cm , dan 2 lembar 12cm x 6cm. dan potongan untuk tanbahan zipper depan 34cm x 3cm.
  2. Potong kain keras sesuai pola 2 lembar untuk badan tas dan 1 lembar untuk alas tas, dan 2 lembar untuk tali pundak atas . langsung setrika di potongan kain katun yang sesuai.
  3. Potong busa sesuai pola untuk sisi tas dan kiri kanan zipper panjang dan kantung depan langsung tumpuk dengan potongan pola yang sesuai.
  4. Potong kain Belacu untuk lapisan dalam yang berlapis kain keras. Jika anda ingin menambah kan kantung dalam jahitlah dahulu pada kain belacu ini (optional)
  5. Jahit zipper kantung depan di atas bagian kantung , beri tambahan bagian sisi atasnya zipper dg menjahit kain  34cm x 3cm tadi,
  6. Pasang kantung ke badan tas depan dengan menjahit tindas sekeliling kantung .
  7. Jahit zipper yang panjang dengan kain sisi kiri dan kanan yang sudah dipersiapkan , untuk sisi atas tas
  8. Sambung potongan sisi atas tas yg sudah ada zippernya  dengan sisi samping bawah  pada kedua ujungnya .
  9. Sambung lagi dengan alas tas sehingga menjadi seperti tabung/gelang besar
  10. Pasang sisi tas yang sudah bersambung pada badan tas depan
  11. Jahit Tali tas yang besar (dengan penguat kain keras) dan yang kecil jahit dan balik sehingga seperti pita, jahit tindas sisi-sisinya agar kuat, pasang pada tempatnya (lihat foto tas yang sudah jadi) termasuk jahit gesper plastinya pada pita pendek dan jahit tindas ke tali tas besar, sedang kan tali pita yng panjang di pasang di sisi bawah kiri kanan tas bagian belakang.
  12. Gabungkan dengan badan tas depan yang sudah bergabung dengan sisi tas . Jahit kelilingnya.
  13. Obras bagian dalam tas agar tidak brudul.
  14. Done....siap dipakai

Good luck...!



Komentar

Unknown mengatakan…
wah,,,, inspiratif bgt mbk,,, keren ^^
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih apresiasinya Fyka :)
TJewellicious by tanti mengatakan…
wow...keren sekali mbak... ^_^
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih mbak Tanti :)
Unknown mengatakan…
Mba saya screen shoot ya soal nya saya mau coba buat. Terina kasih
Yuni Murharjanti mengatakan…
hasilnya gak kalah dari tas pabrikan. malah bikinan sendiri lebih puas rasanya.
Unknown mengatakan…
wow, kalau dilihat hasil akhir nya ga kalah sama tas yang dijual di toko2 ya mba , keren tutorial membuat tas ransel nya
Unknown mengatakan…
Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih linata 😊
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih linata 😊
Unknown mengatakan…
trimakasih artikelnya......
Retno mengatakan…
Zipper itu apa ya mba?
septyNET mengatakan…
Bagus banget bunda buat inspirasi kreatif sekali
Unknown mengatakan…
Maf msh bikin tas ga