SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Kamis, 28 November 2013

Bagaimana bertransaksi dengan pembeli dari luar negri?

Karena banyaknya pertanyaan berulang tentang bagaimana cara kita menerima pembayaran dari luar negri dan bagaiman cara mengirimnya? maka saya tulis disini berdasar pengalaman saya dan teman saya. silahkan jika teman2 ada yg mau menambahkan di komentar :)



PEMBAYARAN

Untuk pembayaran biasanya orang Malaysia dan Singapore (Asia) lebih suka via Western Union atau MoneyGram (seperti wesel elektronik) , Jika pembeli sudah transfer melalui kanntor WU/MG kita(penjual) akan mendapat no PIN dari customer untuk pengambilan uang, yg dibutuhkan KTP asli & fotocopy . 

Penerima uang dan jumlah uang yg diterima dalam Rupiah, jadi bisa transaksi pakai rupiah  walaupun WU menerima dg mata uang ringggit/dolar nanti otomatis akan ditukar/dikonversi WU jadi Rupiah. jadi jangan salah hitung total belanja cust + jasa WU (agar dibayar cust). Pengambilan uangnya bisa di kantor pos/ pegadaian /mandiri kalau BCA kerjasama dg MOneyGram

Untuk pembeli orang bule(Eropa/Amerika) biasanya lebih suka memakai pelayanan Paypal semacam bank online, untuk menggunakannya anda harus punya account dulu di paypal (daftar gratis) , untuk seller harus terverifikasi (lumayan butuh waktu lama), untuk itu harus pakai kartu kredit tertentu (saya lupa visa/mastercard). 

Transaksi memakai dolar karena rupiah tidak diakui paypal. pencairannya butuh waktu lama jika baru pertama kali, anda bisa memasukkan bank yg anda tunjuk saat mengisi form pencairan maka akan masuk ke rekening kita tapi oleh bank Indonesia sudah dijadikan/dikonversi menjadi Rupiah.



PENGIRIMAN

Jika pembeli anda tidak peduli harga ongkos kirim tentu tidak masalah anda bisa mengirim memakai FEDEX/DHL dan lain-lain (expedisi swasta) , tapi bagaimana jika pembeli anda merasa keberatan dengan mahalnya ongkos kirim? Tentu alternatifnya adalah memakai layanan Pos Indonesia salah satunya EMS kelebihannya lebih murah dari semua kurir swasta diatas dan bisa di tracking, ini sangat penting bagi pembeli karena mereka belum tentu percaya dengan kita. 

Tracking juga sangat diperlukan untuk pembeli yang mentransfer dengan Paypal, karena Paypal sangat melindungi konsumen jadi pembayaran bisa dibatalkan dan dikembalikan ke rekening pembeli gara-gara tak ada fasilitas tracking pada kurir/expedisi yang kita pakai.

Saya pernah menerima pesanan dari Malaysia, Singapura dan Jepang semua pakai EMS merchandise sampai dengan selamat (pengalaman 1-3hari sampai)dan bisa di tracking ,sebenarnya ada pelayanan kantor pos selain EMS yang jauh lebih murah , cuma perkiraan sampainya lebih lama (7 hari-sebulan tergantung jenis layanannya) dan tanpa tracking tentu ini membutuhkan kepercayaan yg lebih besar dari pembeli.  
Oya ada juga Pos RLN, jauh lebih murah drpd EMS & ada no resi yg bisa ditracking juga, cuma ada batas maksimal pengiriman cuma sampai 2kg.

Demikian teman2 mudah2an bermanfaat :)

3 komentar:

bibacraft mengatakan...

Terimakasih informasinya ^_^ sudah lama saya mencari artikel seperti ini. Terimakasih banyak.

tsabita boneka mengatakan...

terimakasih sudah berkunjung bibacraft ^_^

Pingkan Anita D. mengatakan...

Terima kasih info-nya. Berguna sekali.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...