Ke Luar Negri Jual Mahal?...Harus itu!


Sebenarnya tulisan ini sambungan dari postingan kemarin "Tak terasa 10 tahun menjadi pengrajin boneka!" .

Saya mulai membuat desain baru handmade softdoll karena terinspirasi dari teman-teman di IC, dalam hati saya berkata: 'jika teman-teman IC bisa membuat boneka dengan harga yang tidak biasa bagi pasaran Indonesia dan ternyata ada kelompok masyarakar yang bisa menerima harga itu kenapa tidak saya coba?'.
Setelah saya mencari ide dengan browsing akhirnya jadilah beberapa handmade softdoll  yang saya launching bulan 1 September 2012 lalu, karena saya belum tahu apakah desain boneka terbaru  saya dengan harga limited craft (bukan harga boneka produk massal) ini diterima member FP Tsabita Boneka & Puppet,  maka sengaja saya tidak pasang harga disana , harga hanya saya sampaikan via inbox atau SMS untuk membedakan dengan produk reguler kami.  Alhamdulillah respon awal sangat bagus walaupun tak terjual semua :D
Mereka sudah berangkat ke Jepang...bye..bye

Beberapa hari setelah lauching handmade softdoll ada pesan di Inbox FP saya yang berbunyi :
 hello.. do you make custom order.. and do you ship to japan.. ? please reply.. thanks. 
Dalam hati berkata waduh siapa nee, kayanya bukan orang Asia..Maka sebelum menjawab saya mengecek dulu akunnya, ternyata si pemilik akun adalah orang eropa yang tinggal di Jepang. pantes pake bahasa Inggris kalo pake bahasa Jepang saya arigato saja hahaha. Berhubung biasanya cust saya paling jauh hanya Malaysia dan Singapura dan mereka juga memakai bahasa Melayu maka agak grogi juga jawabnya hahaha, maklum bahasa Inggris saya masih kelas Tarzan ...Auooo gitu lho.

Pesan itu tidak saya balas langsung, saya masih terbengong-bengong ...oh ternyata boneka buatan TsabitaBoneka juga disukai oleh orang bule ya...saya pikir paling banter cuma sesuai dengan selera Indonesia dan sekitarnya saja (hal ini jugalah yang memotifasi saya membuat blog baru dengan bahasa Inggris)... maka saya bertekat tidak mau memberi harga sama dengan disini hehehe.

Maka yang saya lakukan pertama malahan browsing Etsy dan Pinterest untuk mencari perbandingan harga dan browsing ongkos kirim...karena akan aneh jika harga boneka lebih murah dari harga ongkos kirimnya :D , akhirnya saya tetapkan harga di bawah harga Etsy (untuk boneka dengan spesifikasi seperti buatan saya....$ 35 USD / boneka ditambah ongkos kirim yang sama dengan harga bonekanya , sambil dalam hati berkata "Terserahlah lo mau apa kagak, emang gue pikirin hehehe" :P

Benar saja... si ibu Bule keberatan dengan ongkos kirimnya ...tapi dia tetep ngotot ingin boneka sofdoll buatan TsabitaBoneka dan merayu saya dengan mengatakan akan membeli 3 boneka jika saya menberi diskon ongkos kirimnya....hahaha ternyata orang bule bisa nawar juga :D. Akhirnya saya sepakati tapi dengan syarat dia mau menunggu beberapa hari lagi , karena saya harus menyelesaikan beberapa softdoll lagi agar dia mempunyai pilihan.

Karena kesibukan saya baru 3 bulan berikutnya saya baru bisa membuat boneka handmade lagi, pikir saya wah si bu bule pasti udah males deh...bayangkan saya bilang 'few days' ternyata '3 bulan' baru ada softdollnya! Iseng saya coba tawarkan lagi ke Ibu tadi...dengan prinsip mau syukuuur gak mau ya udaaah  :P
Ternyata Ibu bule itu tetap mau ! kukira sudah lupa dia hahaha. Bahkan dia akhirnya dia mau 4 boneka dengan syarat ongkos tetap!...Syukurlah saya sudah prepare dari awal dengan menaikkan harga boneka dan menghitung ongkos kirim dengan volumetrik. Dengan keahlian membungkus pegawai saya yang bertenaga kuli...hehehe...akhirnya ...taraa 4 boneka bisa dibungkus seperti 1 boneka!
Packing ajaib yang nggak ada keren-kerennya tapi muat 4 boneka !
Apakah selesai permasalahan saya disitu? Ternyata tidak! Masalah kedua timbul ketika dia hanya mau membayar lewat PayPal ( bank online internasional)...karena kami tidak punya akun Paypal dan belum pernah sama sekali menggunakannya :P, biasanya pembeli kami dari Malaysia menggunakan Moneygram atau Western Union yang lebh mirip wesel elektronik . Akhirnya saya minta waktu lagi untuk membuat akun dan mempelajari PayPal....apa reaksi dia?...jawabnya :...I can wait...even  forever...hahaha

Selanjutnya saya dan suami mempelajari paypal...atau lebih tepatnya saya memaksa suami ikut mempelajarinya hahaha, karena bagi orang seumur saya cukup berat mempelajari hal baru ...jadi saya butuh teman untuk bertukar pikiran ...apalagi menyangkut keuangan. Akhirnya dengan browsing sana sini jadilah akun kami yang sudah terverifikasi (syarat utama bagi seller!) tanpa perlu punya kartu kredit (kami agak gimana... gitu dengan kartu kredit hehehe). Setelah jadi saya bingung diapain nih akun Paypalnya...karena dari gosip nggak bisa langsung digunakan ...Alhamdulillah ada temen IC mbak Eka Ratna Puspita Dewi (Nana) yang membantu saya memahami sebagian cara kerja Paypal....Thanks so much mbak Nana ^_^

Setelah saya infokan akun Paypal saya ke Ibu Bule tadi beberapa hari kemudia dia transfer...ketika saya cek  akun paypal ...saya cukup kaget... lho kok jumlahnya gak sesuai dengan permintaan saya ...hampir saya labrak tuh bu bule hahaha, setelah di baca ulang oleh suami saya (saya tadi cuma lihat saldo/balance aja hehehe)...ketemulah penyebabnya...ternyata Paypal meminta upah jasanya kepada seller (TsabitaBoneka) yang cukup lumayan sekitar $7 USD ... Jadi temen-temen dari pengalaman saya tadi jangan sampai kita menjual murah karya craft kita keluar negri karena banyak biaya-biaya yang harus kita perhitungkan!

So..Ke luar negri jual Mahal? Harus itu!

Komentar

K.A.U.L.E.E.A mengatakan…
wuah,,pengalaman yang luar biasa ya mba,,^^
terinspirasi neh buat "jual mahal" ke LN,,hihi
Tsabita Boneka mengatakan…
Benar mbak KAULEEA harus itu ^_^
Tien mengatakan…
makasih sharingnya mba :)
nambah ilmu dan jd ikutan semangat buat berkarya yg terbaik...semoga makin sukses mendunia karya2nya ya mba :)
New Kid On The Blog mengatakan…
infonya bermanfaat banget mb...jarang2 ada temen2 yang mau sharing seperti ini... jadi pingin ketemu sm mba nih supaya bs ngobrol lbh lama+lbh jelas :D
Kapan2 aq main dong mb ke Rumah Tsabita :D

salam
arrie
HP: 085624008276 / 276B6518
lycie's craft mengatakan…
wwwwiiiihhhhh hhheeebbaatt mba, dduuhh saya seneng banget membaca tulisan pengalamannya, semoga makin suskses ya mba, thanks juga dah sharing tentang TsabitaBoneka.
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih teman-teman sudah mampir...memang sebenarnya harga adalah masalah sensitif, bahkan pembeli saya juga masih protes harganya kemahalan setelah menerima paket(mungkin dia baca juga postingan ini :D)...apapun itu ini memang pelajaran yang mahal bagi saya dan cutomer luar negri saya hehehe, dan saya yakin banget craft buatan teman2 juga layak jual di manca negara :D
Anonim mengatakan…
Bu, boleh sy info sedikit tentang paypal? Jika menginginkan balance tidak berkurang, minta ke konsumen untuk menggunakan pilihan 'personal payment'.
Trmksh
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih masukannya teman :D
Unknown mengatakan…
Kak mau nanya,aku mau kirim paket ke someone di Jepang. Untuk penulisan alamatnya bgmn ya? Aku taunya alamat pake tulisan kanji nya.
Apa kalo kita kirim dari indo, harus pake b.indo/inggris? Atau di romaji in aja? Thankyou.
Unknown mengatakan…
Kak mau nanya,aku mau kirim paket ke someone di Jepang. Untuk penulisan alamatnya bgmn ya? Aku taunya alamat pake tulisan kanji nya.
Apa kalo kita kirim dari indo, harus pake b.indo/inggris? Atau di romaji in aja? Thankyou.