SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Sabtu, 19 Maret 2016

Internet Marketing for Crafter

Sebagai crafter yg produktif ataupun crafter by mood lama-lama karya kita akan berjumlah banyak...tentu sebagian crafter akan mula berfikiran untuk menjual karya-karyanya. Tetapii...kadang kita tidak tahu kemana kita akan memasarkan karya-karya kita. 
Dalam memasarkan karya craft ini kita mempunyai dua pilihan yaitu :
1. secara offline seperti mengikuti bazar/pameran atau menjual langsung di pasar/di toko (titip atau milik sendiri) dll
2. secara online dengan memanfaatkan internet.


Disini saya akan membahas memasarkan melalui online atau lebih khususnya internet marketing untuk crafter yg baru mulai mencoba menjual secara online yang produknya tidak sebanyak produk massal/pabrikan . Karena saya melihat kelebihan nya yaitu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak seperti sewa tempat, membayar SPG , akomodasi dll cukup bermodal smartphone ,paket internet (biasanya dua ini sudah punya pada umumnya) dan kegigihan jiwa...hehehe

Kenapa saya mengkhususkan untuk crafter ? karena Internet marketing yg saya pelajari selama ini tidak cocok untuk para crafter yg kapasitas produknya masih sedikit, apalagi ngecraftnya disambi mengerjakan pekerjaan lainnya, belum lagi kalau crafter yg berjenis carft by mood ...hanya membuat karya craft kalo mood nya datang  ^_^

Untuk memilih wadah/forum yg cocok di pasar online ada yg harus kita pikirkan terlebih dahulu:

  • Kapasitas produk kita berapa banyak ? misal :selama sebulan kita sanggup buat berapa pcs
  • Apakah kita punya assisten ngecraft atau mengerjakan sendiri?
  • Harga produk/ kita menyasar ke target pasar yg mana?
Jika kapasitas produk craft kita banyak maka tempat yg cocok adalah market place yg mulai banyak bertumbuhan sekarang seperti bukalapak, tokopedia, olx dll, atau bisa juga kita membuat website pribadi berupa toko online, disini sosmed diperlukan untuk memperkenalkan website kita atau toko kita di market place.

Jika Kapasitas produk kita sedikit maka lebih efektif jika kita memasarkan di sosmed /blog (baik berbayar/gratisan) karena mengelola nya lebih mudah dan memasarkannya tergantung adanya stock barang atau bisa juga tergantung pesanan.
Kan sangat tidak lucu kalau kita punya toko online berbayar tapi tidak pernah ada isi/ produk ready stock..tentu akan mengecewakan pengunjung.

Pelajari produk kita lebih cocok dipakai siapa ini disebut target pasar da ini juga menentukan forum/sosmed mana yag akan kita gunakan.
Dari beberapa pengamatan dr beberapa sumber target pasar untuk :
  • Laki-laki Dewasa Muda forum yg cocok adalah KasKus
  • Anak sekolah/remaja  forum yg cocok adalah Line
  • Bapak/Ibu/Dewasa bekerja  forum yg cocok adalah Website pribadi
  • Campur secara umum  forum yg cocok adalah facebook lebih bagus lagi membuat FP
  • Untuk menjual barang yg exklusif/unik  forum yg cocok adalah Instagram

Tentu ini bukan harga mati ...kita bisa mencoba semua forus sesuai dengan kecocokan hati kita.
Yang perlu kita ingat jika kita menggunakan sosmed untuk memasarkan produk craft kita sebaiknya memakai cara soft selling misal jangan hanya posting jualan secara langsung setiap hari setiap saat...karena di sosmed juga kumpulan manusia yg akan bosan jika melihat postingan jualan kita terus...tentu bukan itu kan tujuan berteman di sosmed?
Ikut grup craft tentu sangat dianjurkan tapi perlu diingat masuk grup craft hanya untuk jualan saja tanpa mempedulikan peraturan grup itu, postingan seperti ini bisa disebut spam di grup akhirnya menimbulkan ketidak nyamanan bagi org lain di grup itu dan bisa berakibat anda dikeluarkan dari grup.
Dari hasil pengamatan grup yg mengkhususkan jual beli saja biasanya malah kurang menjual karya kita...karena biasanya orang cuma posting di grup hanya untuk jualan dan pergi. beda dengan grup yg berisi sharing ilmu craft biasanya para membernya aktif terlibat karena merasa mendapat manfaat dari grup craft tadi. Karena itulah kita perlu bermain cantik tidak hanya posting jualan saja...berbagilah ilmu dan taatilah peraturan grup. 
Semakin banyak kita berbagi (sharing) ilmu maka akan banyak orang menyukai kita dari suka timbul rasa percaya dan akhirnya mereka akan tahu kita punya karya craft apa dan bukan tidak mungkin dia akan membelinya atau jika tidak dia akan menyarankan orang lain untuk membeli kepada anda.
inilah yang disebut "Branding" dengan memanfaatkan viral

Branding adalah memperkenalkan merk/produk kita ke sebanyak-banyaknya orang supaya mereka sadar bahwa produk/merk kita apa. Karena terkadang orang tidak mau membeli produk kita bukan karena tidak suka tapi tidak tahu bahwa produk kita ada. dan Sosmed adalah forum yang paling cocok untuk branding. Otomatis ini juga membutuhkan foto karya kita dengan penampilan maksimal dan mendekati kenyataan produk craft kita. coba baca Cara Memotret Karya Craft Anda Untuk Penjualan Online dan Blogging

Viral Marketing adalah orang lain mempromosikan diri kita atau produk kita secara gratis baik secara sadar atau tidak sadar.
Viral dari kata virus yang bersifat menyebar  secara cepat
Dengan viral marketing informasi yang kita sampaikan bisa sampai kebanyak orang dengan waktu yg cepat dan biaya terjangkau. Informasi itu bisa berupa info produk dan manfaatnya yang diharapkan meningkatkan penjualan.
Pada intinya viral marketing ditujukan supaya orang membicarakan informasi yang kita berikan dan mejadi pemasaran dari mulut ke mulut.

Dalam menyampaikan informasi itu bisa berupa cerita/status yg sepertinya tidak berhubungan dg produk secara langsung.
Biasanya viral yg cepat menyebar (untuk umum) berupa : kisah sedih/ motivasi/Quis/gratisan 
khusus para crafter bisa ditambah sharing Ilmu/tips craft/tutorial dan give away (GA).

Mulailah dari sekarang mengenalkan produk kita karena semua cara membutuhkan waktu dan jangan berharap cepat dan instan langsung menghasilkan..karena semua itu membutuhkan waktu, biaya (paket internet kan bayar) dan keteguhan hati untuk berusaha menulis yg baik dan bermanfaat...

Semoga bermanfaat ... semoga saya bisa menulis kelanjutan internet marketing for crafter. ^_^

1 komentar:

PT. Senaesis Indonesia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...