Cara Memotret Karya Craft Anda Untuk Penjualan Online dan Blogging

Artikel ini adalah terjemahan dari How To Photograph Crafts For Online Selling and Blogging
yang bisa anda klik langsung pada tulisan diatas untuk berkunjung kre artikel aslinya. Artikel ini saya terjemahkan karena saya membutuhkannya dan saya posting disini karena saya yakin sangat bermanfaat bagi teman2 crafter yg baru mengenal fotografi seperti saya , bukan berarti saya sudah mahir memotret ya teman2 :D

Dalam rangka untuk berbagi semua keindahan karya craft anda dengan orang lain (dan mudah-mudahan terjual beberapa) Anda perlu tahu bagaimana untuk memotret craft untuk posting online. Sebuah foto karya craft yang baik dapat membuat perbedaan apakah karya anda menarik bagi pembeli atau diabaikan. Ada beberapa langkah yang akan membantu anda mengambil foto craft yang bagus sehingga menunjukkan keindahan karya craft itu dan  keahlian  crafter yang membuatnya.

1. Lokasi...Lokasi...Lokasi !

Langkah pertama dalam memotret kerajinan Anda memilih lokasi untuk memotret mereka. Ada beberapa tempat Anda tidak boleh mengambil foto kerajinan.
  • Jangan memotret kerajinan Anda di tempat tidur Anda (kecuali tentu saja Anda memotret selimut quilt/patchwork)
  • Jangan memotret kerajinan Anda dengan latar belakang berantakan (ada kucing penasaran, benang acak-acakan, atau piring makan )
  • Jangan memotret kerajinan Anda dalam gelap

Sekarang, dimana Anda harus memotret kerajinan Anda?
  • Fotolah kerajinan Anda di tempat yang cukup terang
  • Memotret kerajinan Anda dengan latar belakang kontras polos (putih untuk warna karya craft yang gelap, hitam atau coklat untuk warna karya craft yang terang)

2. Menghilangkan Bayangan


Light box adalah cara yang bagus untuk mengontrol pencahayaan dan latar belakang. Light box adalah sebuah kubus dengan sisi kiri, kanan dan atas dari bahan yang meneruskan (sebagian) cahaya , satu sisi depan terbuka, dan  bagian sisi bawah  dan bagian belakang kubus tertutup. Hal ini memungkinkan cahaya yang sangat terang yang akan difokuskan pada obyek foto di dalamnya menjadi tanpa bayangan ,seperti membaurkan (atau memecah) cahaya. light box bisa dibuat dari kotak kardus biasa yang dilapis kain atau kertas putih. Sebuah light box akan sangat membantu terutama jika anda tidak memiliki lampu studio. Dengan light box anda dapat menempatkannya di luar ruangan pada tengah hari saat mataharinya bersinar cerah dan mendapatkan foto yang bersih tanpa bayangan.




Place a Sheet of Poster Board Inside Box

Create an Inexpensive Light Box for Digital Photography 

By Jacci Howard Bear, About.com Guide

 

Jika karya craft yang anda potret besar dan tidak memungkinkan masuk ke light box lenapa tidak mencoba membuat studio mini dengan memanfaatkan ruangan yang kecil dengan 1 jendela sebagai sumber cahaya prinsipnya seperti light box besar caranya bisa dilihat di

so you think you can’t have a home studio?

so you think you can’t have a home studio?




3. Mempunyai landasan kamera yang stabil

Jika kamera mempunyai kecepatan rendah (lebih lambat dari 1/60) untuk mengambil foto pastikan Anda memiliki landasan yang kuat untuk kamera. Gunakan tripod atau landasan kokoh lainnya untuk kamera Anda untuk menghindari kamera goyang dan foto buram.

4. Jangan Beri Tanggal Foto Anda

Matikan fungsi memberi tanggal pada kamera Anda. Tanggal  yang besar bisa digunakan sesekali dengan foto keluarga tetapi mereka juga menambahkan sesuatu yang mengganggu foto. Dalam kasus foto karya craft tanggal akan membuat foto Anda terlihat amatir dan hanya berfungsi untuk mengetahui seberapa "out of date" karya craft Anda di kemudian hari.

5. Mengecilkan ukuran foto

Sebelum Anda meng-upload foto ke Etsy, Ebay, atau blog Anda silakan berhenti sejenak untuk mengubah ukuran foto. Kualitas foto dan ukuran untuk cetak sangat berbeda dengan penggunaan online. Images bisa jauh lebih kecil dan pada resolusi yang lebih rendah secara online daripada untuk foto dicetak. Sebuah foto berukuran sesuai akan membantu pemirsa Anda memuat halaman Anda lebih cepat, mencegah Google dari menandai halaman Anda sebagai "lambat untuk memuat", dan mengurangi meng-upload berkali-kali.

Gambar harus diubah ukurannya menjadi 72dpi untuk penggunaan online
Gambar harus tidak lebih besar dari 500 pixel pada sisi terpanjang
Selalu menggunakan "save as" dan nama baru ketika menyimpan file ukurannya sehingga Anda tidak merusak atau menghapus file asli!

Komentar

Henny mengatakan…
hellaaaaaah.....
aku malah kadang pke tanggal, skalian bikin catatan kenangan heee.... *lebay ^_^
Unknown mengatakan…
hahaha ada yg lebih katrok drpd saiya ternyata, wekeke tanggalnya digedein ya teh :P
mbak ira nice info ^^ makasih ya, nyobain aahhh ^^
Tsabita Boneka mengatakan…
Hahaha, gedein tanggal? wkwkwkw
terimakasih temen2 atas kunjungannya dan komentar lucunya :D
Dina Fitri mengatakan…
Bermanfaat sekali.. bikin postingan cara bikin blog yg okeh juga donk.. :)
Dina Fitri mengatakan…
Bermanfaat sekali.. bikin postingan cara bikin blog yg okeh juga donk.. :)
umi_farza mengatakan…
Makasih banyak bagi2 ilmu'nya.. Sangat bermanfaat unt crafter pemula spt saya yg bermodal cekak, he he
Tsabita Boneka mengatakan…
Mbak Dina....saya belom bisa blog yg aneh2 hehehe...bisanya yg standart saja :D
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih kembali umi farza sudah mampir :)
Ugi Purwanti mengatakan…
Wajib dibuat nh mba Ira, terimakasih ya artikelnya, sangat membantu :-)
Tsabita Boneka mengatakan…
Sama2 mb Ugi :)
Tsabita Boneka mengatakan…
Sama2 mb Ugi :)
Tsabita Boneka mengatakan…
Sama2 mb Ugi :)