Buat Boneka Gary si Siput yuk...!



Gary mungkin adalah siput fiktif yang paling populer..sepopuler temannya si spongebob. Saking populernya banyak produsen boneka yang sudah membuatnya. Tapi walaupun sudah ada di pasaran dan dibuat massal oleh pabrik... masih ada juga yang pesan ke saya secara customize karena ingin nama seseorang yang akan diberi hadiah tercantum di cangkang si Gary. Kadang saya bertanya-tanya dalam hati ...kok sekarang banyak juga ya yang pesan boneka tokoh kartun? apa gara-gara saya membuat Ninjago berapa waktu lalu ya...?
Berhubung permintaanya boneka untuk dipeluk bukan untuk pajangan maka pesanan saya terima...sekaligus ajang uji coba bisa ga ya bikinnya  :D
Bagaimana saya membuatnya?....pertama-tama saya mengumpulkan gambar Gary si siput tentu hehehe


Lalu saya membuat sktesa gary dan menentukan ukurannya, karena customer saya cuma mensyaratkan satu "harus bisa dipeluk" maka saya buat boneka gary cukup besar sekitar 40cm , dibawah ini adalah repro versi kecil dari pola gary yang saya buat, silahkan jika teman-teman mau memakai untuk membuat boneka gary sendiri. Hanya satu pola yang tidak masuk gambar yaitu sisi pinggiran cangkang ...karena saya rasa cukup mudah anda buat sendiri karena bentuknya  persegi panjang dengan panjang =keliling cangkang atas gary yang melengkung (ukurlah dengan meteran kain) dan lebar =ketebalan cangkang yang diinginkan. Karena saya membuat yang ukuran 40cm maka pola asli saya panjang dasar badan gary adalah 40cm juga. Teman-teman bisa memperbesar atau memperkecil pola sesuai selera :D
Catatan : Silahkan anda menjual hasil karya anda berdasarkan pola ini, tapi mohon jangan menjual/mengkomersilan pola buatan saya, silahkan men-share pola dengan menyertakan link blog ini :)


Bahan yang saya pakai disini adalah kain fleece berwarna hijau muda ,kebetulan yang saya pakai fleecenya ada busa pelapisnya, dan kain Nylex berwarna peach (salem) dan biru muda. dan perca kain warna yang sesuai untuk matanya.Tentu teman-teman tidak harus memakai bahan yang sama, anda bisa mengganti dengan bahan apapun sesuai selera anda...tentu malah unik kan :D.....jangan lupa untuk bahan isiannya ...disini saya memakai silikon karena mutunya lebih bagus dari dakron sehingga lebih empuk ketika dipeluk tapi lebih springy (membel)


Potong lah bahan kain sesuai pola , jika pada pola tertulis 1x berarti anda cukup memotong selembar saja , jika tertulis 2x maka potonglah 2 lembar berlawanan sisi bagus kain. Jika anda ingin menghias cangkang gary dengan bordiran (saya memakai bordir manual bukan komputer) maka lakukanlah sebelum kain dipotong membentuk cangkang. selain di bordit tentu banyak cara untuk menghias cangkang gary misalnya dengan aplikasi kain felt atau bahakan dilukis, semua tergantung selera anda.


Lalu siapkan mesin jahit kita mulai ...!

Tempelkan bagian badan atas gary yang biru muda ke bagian badan atas yang berwarna hijau muda dengan bantuan jarum pentul dan jahit sisinya yang bergelombang. lakukan pada kedua potongan badan atas.





tumpuk berhadapan sisi baik kain dari bagian atas badan gary tadi 


Jahit pada sisi yang melengkung (bukan sisi bergelombang ya...)dan sisakan lubang untuk mengisi nanti pada tengahnya


Gabungkan alas badan atau bagian bawah badan gary dengan bagian atas yang sudah dijahit tadi , dengan bantuan jarum pentul, paskan potongan pada gelombangnya atas dan bawah 



Jahit keliling badan gary pada sisi yang bergelombang


Baliklah melalui lubang isian


Setelah dibalik seperti ini jadinya.


Jahit tindas sisi keliling badan gary ,agar ketika diisi nanti badan boneka tidak terlalu membulat seperti guling, tapi bagian alasnya agak mendatar (flat) seperti tokoh kartunnya.


Mari kita jahit cangkangnya.... siapkan salah satu sisi potongan cangkang dan gabungkan dengan sisi atas cangkang yang anda buat tadi pada sisi yamg melengkung dan jahitlah.


Pasang sisi cangkang sebelahnya dan jahit , sehingga berbentuk kantung cangkang


Dibalik dan siap di susun dan diisi. dan jangan lupa juga menjahit antena gary sehingga berbentuk seperti pippa dengan salah satu sisi buntu.


Ini adalah bagian tubuh gary yang siap diisi minus mata, karena akan dibuat nanti. Setelah tahapan ini kita memakai jahitan full tangan ...jadi simpan mesin jahit anda.


Isi semua bagian tubuh Gary dengan silicon fibre atau dakron secukupnya, termasuk cangkang dan antenanya.


Jahit lubang isian pada badan gary dengan tusuk tangga. Jangan khawatir jika jahitannya tidak rapi karena nanti akan tertutup cangkang :D


Pasang cangkang yang telah berisi silikon ke atas badan gary dengan bantuan jarum pentul  sekeliling bawah cangkang agar rapi dan pas posisinya.



Jahit rapi keliling bawah cangkang dengan jahitan yang tak terlihat seperti tusuk tangga ata yang lain ...dengan tangan tentunya


Ketika masih tersisa sedikit lubang rapikan isian cangkan sampai bentuk yang diinginkan, lanjutkan sampai semua keliling cangkang terjahit rapi .


Buat mata dengan memjelujur sisi lingkaran dan serut menutup sambil mengisi mata sampai bentuk yang diinginkan dan ikat kuat benang .


Pasang kedua antena pada badan gary dengan tusuk tangga, oya tutup ujung masing-masing antena dengan jelujur dan diserut



Jahit ujung atas antena ke bagian depan cangkang seperti pada gambar dibawah ini


Pasang bola mata gary menutupi ujung antena dan jahit ke cangkangnya.



Pasang bulatan mata yang terbuat dari perca kain fleece atau felt...jahit denga tangan sekelilingnya dengan rapi.




Tadaaa...si Gary siput siap menemani tidur ananda tercinta :)


Komentar

Apriani mengatakan…
mau order boneka gary sifut boleh gak sist???
berapa????
Pinky_Noz mengatakan…
Mau dong gary nya 1, brpa?
Pinky_Noz mengatakan…
Mau dong gary nya 1, brpa?