SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Jumat, 08 Februari 2013

Membuat formulir di Facebook untuk mengoptimalkan pemasaran

Halo temen-temen semua.....
Apakah kamu sudah punya Fans Page (FP) di facebook? jika sudah punya ayo kita belajar buat formulir online.
Buat apa sih formulir online rempong amat siie? ada banyak lho kegunaan formulir online untuk mengoptimalkan FP kita ...terutama yang buat bisnis atau jualan gitcuu...karena calon customer kita tinggal isi  formulir data-data yang kita butuhkan dari dia...daaan kita gak bolak-balik ngetik gitu karena udah ada formulirnya...misalnya online shop kan butuh info : nama,alamat lengkap, email, pesanan,bank,kurir....banyak kaan yang mo ditanyakan ke calon customer kita ...jadi tentu lebih efesien kalo ada formulir online.

Formulir online ini sebenernya fungsinya seperti email tapi lebih terstruktur sehingga memudahkan kita dan calon customer tentu. Dan jika formulir sudah diisi dan di "submit" dia akan langsung lari ke inbox email (selain FP) yang kita inginkan. Sebenernya gak hanya buat jualan siih, bisa juga untuk survey , pendaftaran dll
Ini lho contoh formulir online punya FP Tsabita Boneka& Puppet


Ada banyak pembuat formulir online yang free di dunia maya, namanya gratisan tentu ada batasan-batasan tertentu seperti berapa banyak formulir yang kita buat, banyaknya formulir yang bisa masuk ke inbox email kita dll. Tapi untuk OS pemula seperti saya sudah mencukupi untuk memberi kesan profesional huehehe ...orang belum ngetop kok hehehe.

Untuk membuat formulir online ini saya memakai emailmeform.com, caranya gampang ...kita tinggal daftar gratis...ingat saat mendaftar pakailah email yang akan menjadi tujuan pengiriman formulir anda!

Formulir yang kita buat disini sebenarnya bukan hanya bisa di pasang di FP tetapi juga bisa buat di blog/web milik kita ...seru kan. Cuma ada perbedaan jika memasang di FP dengan di Blog nanti kita bahas yaa.

Setelah mendaftar gratis , kita ke inbox email kita untuk memverifikasi pendaftaran kita sekaligus langsung masuk ke halaman pembuatan formulir. Disini juga disediakan themes dan templatenya lho yang bisa kita pakai tinggal di ubah sedikit kata-katanya, atau kalau mau buat sendiri juga boleh...nggak dilarang... klik saja tab my form.


Disebelah kiri adalah pilihan-pilihan yang bisa kita pakai ..silahkan dicoba semua toh kalau salah bisa di edit hehehe, Tips untuk membuat formulir di facebook jangan menggunakan gambar dan bentuk formulir yang rumit, jadi untuk alamat pilih saja tombol paragraph text jangan tombol adress di advanced dan tidak usah memakai template/themes jadi polos saja tanpa gambar seperti cotoh gambar diatas. Kenapaaa...?

Karena jika menggunakan gambar atau themesnya berarti membutuhkan kode Javascript/JSS disamping kode HTML , padahal pemasangan di FP yang gratisan hanya membolehkan kode HTML saja :P. Nah disinilah temen-temen bedanya dengan pemasangan di blog nya blogger yang membolehkan kode Javascritpt, jadi kita bisa lebih berkreasi dengan themes/template yang disediakan.

Lanjuut...jika sudah sesuai keinginan kita bisa langsung ke form setting, disini untuk menentukan lebar formulir, mau pakai CAPHTCA atau tidak dll. Jika sudah selesai silahkan di save duluu, lalu bisa istirahat dulu...selonjoran heheh .

Lalu kita harus mempersiapkan FP kita (buka di tab baru ya FPnya)  karena formulir baru ini butuh "tempat" untuk meletakkan kode HTMLnya. Pertama-tama setelah masuk FB kita cari apps My Tab di like dulu FP My Tab lalu klik tab How do I ... di pojok kanan atas

Ikuti langkah-langkahnya terutama Make it the default tab? dan Change the tab name? Jika sudah kembali ke FP kamu dan klik Edit Page>>manage permission>>Apps , di bawah lambang My Tab klik Edit untuk mengganti nama My Tab, Link to this Tab untuk membuat "tempat" kode HTML di FP kita, dan Go To App untuk menempelkan kode HTML pada "tempat" tadi. seperti ini lho...!


Darimana kode HTML nya? kita kembali ke si pembuat formulir tadi emailmeform.com , klik my form dan dibawah judul formulir buatan kita pilih "code". Untuk FP pilihlah HTML only ya.. :D, Copy kode yang diberikan dan paste ke "tempat" tadi dan klik "Save"....selesai! dan formulir pun terpajang manis di FP kita.

Selamat mencoba... untuk blog bisa dicoba-coba sendiri lebih gampang kok hehehe, InsyaAllah kalau nggak lupa akan dibahas ....juga kalau ada yang mau lhoo :D


7 komentar:

Eka Kusumawati mengatakan...

Waaah...terima kasih infonya...ntar mau coba bikin ahhh...^_^

tsabita boneka mengatakan...

Sama-sama mbak eka semoga bermanfaat

ndandut mengatakan...

makasih tips nya ya mba,, :)
kalo saya dari dulu pake response o matic buat bikin formnya , tapi sama aja kok fungsinya en cara kerjanya. sama2 formnya masuk email..

tsabita boneka mengatakan...

Iya teh Linda, tadinya saya juga coba response o matic tapi kurang memuaskan dan agak susah buat yang gaptek kaya saya, akhirnya nemu ini dari browsing ....cocok buat yang binun seperti saya hahaha

Queen of Jumba Jamba mengatakan...

thank you mba, very helpful post (",)

farah mengatakan...

nice info mbak...makasiih ya...mau dicoba ah ^^

tsabita boneka mengatakan...

Selamat mencoba mbak Farah dan Queen of Jumba Jamba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...