Tak terasa 10 tahun menjadi pengrajin boneka!

Boneka buatan TsabitaBoneka mungkin sudah tak asing bagi orang Malaysia atau Singapura, walaupun mereka tidak mengenal merk TsabitaBoneka ....Kok bisa?!!! mungkin pernyataan tadi sedikit membingungkan bagi sebagian teman-teman. Tentu bisa....Boneka buatan kami terutama boneka softdoll muslim sudah cukup lama beredar di Malaysia, beberapa customer kami memang memesan dalam jumlah banyak untuk mereka jual lagi dengan merk toko mereka, tentu setelah ada kesepakatan tertentu dengan kami (yang jelas mereka tidak pernah complain dengan harga saya yang mungkin mereka anggap murah). Biasanya yang mereka pesan adalah boneka yag memang kami buat massal tapi tetap terbatas (exklusif) tidak sebanyak buatan pabrik/garment jadi sebanyak-banyaknya buatan Tsabia Boneka tetap tidak pasaran...karena memang tidak dijual di pasar hahaha.

Beberapa teman-teman saya menyayangkan hal...itu menunjukkan betapa mereka sayaaang dengan saya :D. Dalam dunia perbonekaan memang sangat berat memenuhi tuntutan pangsa pasar Indonesia yang menuntut produk dengan harga semurah mungkin. Saya terus mempelajari mengapa saya tidak bisa menjual semurah produk-produk lain yang sekilas mirip dengan produk saya.

Ternyata ada beberapa pelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman saya selama 10 tahun (dari tahun 2003-2013) menggeluti Boneka. Pertama bahan utama yang saya pakai selama ini (kain Fleece : biasa dibuat untuk baju musim dingin) ternyata memang mutunya jauh lebih bagus dan harganya lebih mahal  dari produk sejenis yang dibuat pabrikboneka untuk pasaran  Indonesia ...betapa bodohnya saya selama memaksakan diri agar harga buatan kami sama dengan harga buatan pabrik boneka Bekasi atau Bandung misalnya hahaha. 

Setelah saya mempelajari bahan-bahan boneka yang biasa dipakai mereka saya mencoba membuat boneka tangan dengan bahan seperti yang mereka pakai, suami saya sebagai bagian logistik hunting mencari bahan ke pusat grosir bahan terbesar se Asia tenggara ...yaa ke Tanah Abang hihihi. 
Memang... harga bahan lebih murah dari yang biasa kami pakai...tapi saya hitung-hitung kok buatan kami tetep tidak bisa semurah buatan mereka ya? padahal kami tidak terlalu rumit untuk menentukan harga jual, karena kalau mengikuti rumus baku itu tentu harganya akan lebih mahal :P.

 Akhirnya ketemulah penyebab kedua... biasanya pabrik pasti belanja bahan boneka dalam jumlah besar (satu mobil box minimal)... dan tahukah teman harganya jauuuh lebih murah lagi dari Tanah Abang (saya tanya ke pabrik penyedia bahan boneka by phone)...dengan syarat tadi...beli minimal satu mobil box bahan akan langsung diantar ke pembeli. 
Kebayang kan...kalau harus beli bahan sebegitu banyak hahaha.... harus ngungsi kemana saya dan keluarga saya karena rumahnya penuh gulungan kain bahan boneka !. Dan dana yang dibutuhkan tentu juga tidak sedikit.... :P

Baru saya sadari kebodohan saya yang kedua... ngoyo berusaha menyamai pabrik/garment besar yang jelas-jelas bukan kelas saya yang baru setingkat pengrajin rumahan ('gelar' ini sudah diberikan Tabloid Nova dulu kepada saya cuma saya baru sadar sekarang hahaha), ternyata saya belum layak disebut pengusaha....huehehe (nangis campur ketawa)

Akhirnya saya mencoba membuat beberapa desain produk yang lebih exklusif dan beberapa benar-benar limited...sambil tetap memproduksi yang reguler (massal) tapi dalam jumlah semampu kami dan harga sesuai dengan ongkos produksi yang kami keluarkan ...karena tentu kami masih punya tanggung jawab memberi pekerjaan beberapa pegawai kami :D . 

Alhamdulillah ...respon yang kami terima cukup bagus, walaupun ada juga yang mengkritik saya telah  berubah jalur .. bagi saya sungguh semua kritikan dan saran dari teman-teman selama ini sangat membantu kami menyadarkan dimana posisi kami dan apa yang harus kami rencanakan selanjutnya. Tentu saya tetap masih berharap suatu saat tingkatan saya berubah dari pengrajin menjadi pengusaha craft  :D

Komentar

Inspirasi KreasiCrea mengatakan…
Selamat memperingati 1 dasawarsa ya untuk boneka tsabita....Semakin sukses..terus kreatif dan inovatif tentunya ^^ *hugs*
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih doanya Inspirasi KreasiCrea...semoga sukses juga *big hug)
DK Wardhani (Dini) mengatakan…
10 tahun yang berharga ^^b..
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih mbak Dini ^_^
Inge Lakawa mengatakan…
menginspirasi banget ^^

Join my first giveaway and win Thboxes accessories of your choice
http://luchluchcraft.blogspot.com/2013/01/international-giveaway-win-thboxes.html
Tsabita Boneka mengatakan…
Terimakasih Inge ^_^
gratissttzzz mengatakan…
Cara order boneka garry ΠЧά gmna gan
Trijaya USA mengatakan…
yuk gabung group saya...
https://www.facebook.com/groups/276663009147735/?ref=br_rs
Khumairah boneka wisuda mengatakan…
Salam kenal mba dari saya muhlis di makssar. sangat mengispirasi. o ya mba harga boneka di pulau jawa sangat murah mba namun kendala kami di Makssar yaitu di ongkos kirim. olehnya itu saya ingin otodidak juga belajar buat boneka mba. mohon info toko penjual bahan dan assesories yg bisa kami hubungi. Terima kasih sebelumnya semoga usahanya juga tambah lancar