Jumat, 28 Desember 2012

Waatttaa...! Tutorial boneka Ninja !


Qeis (anak bungsu saya) sudah hampir 4 tahun usianya...anak balita cepat sekali pertumbuhnya jadi banyak t-shirt  mereka yang mulai kekecilan. Tshirt yang dipakai disini tshirt favorit Qeis yang sudah kekecilan, karena sering dipakai kayaknya tidak layak diberikan ke orang lain ,karena itu saya mencoba merubahnya menjadi sesuatu yang bisa dipakai untuk bermain Qeis. Qeis sangat suka menonton film kartun ninja yang lucu maka saya coba membuat boneka ninja untuknya seperti yang pernah saya lihat di internet. Saya mulai membayangkan polanya. Jadinya seperti inilah pola karangan saya.

Pola Badan dan Tangan Ninja
Pola Kepala dan Wajah Ninja
 (Pola ini bebas digunakan tidak untuk dijual , silahkan jika anda ingin mencetak pola untuk anda gunakan sendiri dan menjual boneka hasil karya anda dengan memakai pola ini, dan saya sangat menghargai anda tidak menjual pola karangan saya :) Silahkan membagikan dengan menyertakan link blog kami)

Alat dan Bahan-bahan: 
  • 1 Tshirt tak terpakai 
  • Jarum dan benang jahit (mesin jahit jika ada)
  • Dakron/silikon untuk isian
  • perca/felt untuk wajah dan menghias boneka
  • Lem sebaguna/lem tembak
  • Gunting


Cara membuat boneka ninja:

1. Siapkan tshirt/kaus anak yang sudah tidak terpakai dan cetak pola  (pola saya buat di kertas A4 , Anda bisa memperbesar atau memperkecil pola sesuai ukuran tshirt yang digunakan, usahakan agar lengkung bagian bawah kepala sama persis besarnya dengan lengkung leher pada badan)


2.  Potong tshirt sesuai pola stiap pola langsung sepasang (2 lembar), kecuali tangan anda memerlukan 2 pasang (4 lembar), perhatikan pengaturan letak pola agar 1 tshirt cukup untuk semua pola . Untuk muka anda bisa memakai kain perca / kain felt warna kulit, dan cukup potong 1 lembar saja

3. Jahit muka boneka ke kepala depan , disini saya memakai bantuan mesin jahit karena sedang malas menyulam hehehe.

4. Jahit keliling tangan boneka (janga lupa sisi baik kain berhadapan) dan biarkan terbuka bagian pangkal lengan, balik dan isi dengan dakron/silikon.


5. Susun tangan diatas pola badan dan tumpuk dengan pola kepala dengan wajah boneka menghadap ke tangan dan badan seperti gambar dibawah ini. Dengan bantuan jarum pentul jahit sepanjang leher depan boneka. 
6. Jahit kepala belakang dengan badan belakang tapi sisakan lubang tak terjahit ditengah, kira-kira cukup untuk membalik nanti.


7. Tumpuk bagian belakang dan bagian depan boneka dengan sisi bagus berhadapan dan tangan ada didalam tumpukkan, lalu jahit keliling boneka dari kepala sampai kaki semuanya.
8. Balik melalui lubang di leher belakang yang tadi disisakan.


9. Isi sampai penuh/secukupnya sesuai selera, jangan terlalu sedikit karena boneka akan kempes dan peot.

10. Jahit lubang isian dengan menggunakan tusuk tangga seperti dibawah dan simpul benang dengan kuat.

Sudah jadi dan siap dihias dengan mata menggunaan kain felt!



Disini menghias boneka saya serahkan pada suami saya, agar bonekanya cocok untuk anak laki-laki hahaha. Alasan sebenarnya anak saya minta ninjanya membawa pedang hehehe jadi ayahnya deh yang buatin pedangnya.

1 komentar:

Picapicku mengatakan...

ni kesukaannya anakku mbak ^^ makasih ya dah berbagi..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...