SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Rabu, 12 Desember 2012

Cara mencuci boneka handmade yang terbuat dari kain


Disini akan dibahas mengenai cara mencuci boneka/softdoll dari kain, terutama boneka handmade yang memerlukan perlakuan khusus. Bukan untuk mencuci boneka muppet cablak! Karena boneka muppet cablak memerlukan perlakuan agak berbeda agar tidak rusak.

Yang perlu kita ketahui adalah jenis kain boneka, kain katun mudah pencuciannya tapi kadang-kadang sering susut, jika kain sintetis atau campuran pencucian akan lebih mudah karena kemungkinan tidak akan menyusut, kain felt  kadang berubah bentuk setelah pencucian.

Untuk handmade softdoll  buatan tsabita boneka yang terbuat dari fleece/emen/polar bisa dicuci tanpa perlu mengkhawatirkan penyusutan atau kusut pada kulit boneka setelah pencucian.
Tapi jika boneka anak anda sudah kotor tentu mau tak mau harus dicuci , dibawah ini adalah tips mencuci boneka kain dengan aman jika anda khawatir mencuci dengan mesin cuci akan merusak boneka handmade anda.

Persiapkan peralatan dan  boneka yang akan dicuci :
  • lepas kostum / baju dan asesories boneka yang bisa dilepas, baju boneka bisa dicuci seperti baju biasa.
  • Ikat/kuncir  rambut boneka jika boneka mempunyai  rambut  yang terbuat dari benang  wool/katun yang dijahit  tangan dan pastikan tidak terlepas saat pencucian!. JANGAN PERNAH menyikat rambut boneka yang terbuat dari benang karena akan merusak nya! Rambut boneka dari benang hanya bisa disisir dengan jari !.
  • Lebih bagus jika ada kantong  yang terbuat dari kain jaring/tile  anda bisa membungkus paling tidak kepalanya dan rambutnya seperti topi mandi (shower cap).

  •  Peralatan yang dibutuhkan  baskom/ember kecil, sikat gigi, sedikit  sabun cair /sabun cair pencuci piring juga bisa/ sampo juga boleh, handuk yang  tidak berwarna gelap agar tidak melunturi boneka .


Cara mencuci boneka:
  • Isi baskom dengan air biasa atau hangat  suam-suam kuku juga boleh (jangan menggunakan air terlalu panas atau terlalu dingin!).
  • Gunakan sedikit sabun cair larutkan pada air dibaskom kocok sampai berbusa.
  • Rendam boneka selama 10 menit atau lebih .
  • Jika ada noda membandel sikatlah dengan lembut memakai sikat gigi sampai noda hilang, jika terbuat dari kain felt jangan menggunakan sikat gigi! ganti sikat gigi dengan jari yang ditutup handuk kecil di basahi air sabun.Usap dengan gerakan memutar.
  • Tiriskan air dari baskom dan tekan kelebihan air dari boneka.
  • Bilas sabun dari boneka dengan air biasa.
  • Gulung dengan handuk untuk menghilangkan kelebihan air, atau untuk softdoll buatan TsabitaBoneka bisa dikeringkan dengan mesin pengering pada mesin cuci dan jemur atau angin-anginkan sampai kering. Usahakan kering pada hari itu juga untuk mencegah bau apek pada boneka. Jika cuaca tidak bersahabat anda bisa menggantungnya dekat kulkas anda :)
Tips diatas bisa juga digunakan untuk semua boneka handmade yang lain selain produk kami. 

4 komentar:

Tien mengatakan...

makasih tipsnya mba :)

tsabita boneka mengatakan...

Semoga bermanfaat mbak :)

EnySaja mengatakan...

Makasih tips nya.. Berguna banget :)

tsabita boneka mengatakan...

Sama-sama mbak Eny

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...