SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Rabu, 06 Juni 2012

Bagaimana Sich...Tahapan Membuat Puppet Customize


Membuat boneka tangan (puppet) dengan karakter tertentu terutama yang customize membutuhkan extra tenaga,waktu dan pikiran dan tentu butuh juga extra bahan! kenapa?


Contoh Desain Customize dari Shinta "Anakola Merah"
Pertama saya akan melihat desain apakah saya mampu mengerjakan atau tidak, apakah desain itu bisa diterapkan ke bahan yag saya pakai? setelah melihat desain yang biasanya dari bentuk 2 dimensi (gambar/foto) saya harus bisa membayangkan ke bentuk 3 dimensinya, apakah cukup sampai  itu? tentu tidak setelah itu saya harus membayangkan ke bentuk bonekanya kira-kira jadinya seperti apa dan dimana letak potongannya sehingga bisa dirubah menjadi pola-pola potongan dua dimensi yang jika di rekontruksi bisa menjadi boneka yang diinginkan. Semua itu diproses diotak dengan bantuan corat-coret di kertas tentu, karena kami tidak punya software dan komputer canggih seperti pembuat film animasi Disney :D. Tahapan ini lebih mirip tahap perenungan ata semedi kal ya..hehehe, yang jelas ini sangat tergantung mood saya dan waktu yang tersedia. Karena itu saya tidak akan mau menerima special order dengan pembatasan waktu yang sangat singkat apalagi jika karater itu tidak pernah saya buat.


Ini hasil akhirnya customize puppet desain mbak Shinta di atas

Yang perlu diperhatikan pula adalah karakter bahan , karena saya membuat pupet khusus hanya yang berbahan kain dan diisi dakron, maka tidak bisa semua desain bisa kami wujudkan menjadi puppet. Kadang-kadang customer/pemesan salah menduga bahwa semua puppet- contohnya yg karakter yang ada di muppet atau sesame street- terbuat dari kain, padahal puppet terbuat dari banyak bahan yang kadang mirip dengan kain tapi sebenarnya bukan kain, yang tentu saja menyebabkan detail dan hasil akhir yang berbeda dengan bahan kain.


Contoh lain desain customize mb' Shinta

Setelah bisa mewujudkannya menjadi pola, maka saya harus mencoba dulu pola tersebut di bahan lain untuk melihat apakah pola yang dibuat sudah benar -istilahnya membua dummy boneka-, jika tidak maka pola akan dirubah dan dicoba lagi, jadi kadang dummy boneka bisa lebih dari satu untuk menemukan bentuk yang paling mendekati karakter pesanan.


Contoh customize puppet

Setelah hasil maximal dan cukup mendekati, baru kita mulai menerapkan pada bahan yag sesuai dengan warna pemesan. Pemilihan warna (apalagi motif) juga cukup menguras energi, karena tidak semua warna ready stock di toko bahan boneka, dan bahan yang bisa di beli cuma semeter tentu pilihan warna hanya yang ada di stock dan sudah pasti harga juga berbeda dibanding kita beli kain segulung...hehehe.

SIDU CREATIVE CUSTOMIZE PUPPET

Untuk boneka yang membutuhkan bordir (muka atau nama) bahan kain harus di bordir dulu baru bisa dipotong sesuai pola, sehingga cukup banyak bahan yang terbuang di sekitar pola, karena jika kita potong dulu tentu tidak bisa dijepit dengan pidangan tukang bordirnya dooonk :)


Special Order PPIPTEK Taman Mini Indonesia Indah

Setelah pola kita potong tentu tahap selanjutnya adalah penjahitan untuk menggabung potongan pola, yang harus disertai doa yang banyak hehehe...mudah-mudahan mesin jahitnya ga ngadat dan hasil akhirnya sesuai harapan.

Tahapan terakhir adalah finishing seperti mengisi,menghias (memasang rambut termasuk disini) dan memberi kostum dan asesories sesuai karakter...dan pembersihan.

Catatan si TsabitaBoneka :
Foto-foto di artikel ini adalah contoh-contoh customize puppet customer kami yang tidak dibuat massal (special order), bukan foto tahap pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...