SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Senin, 28 Mei 2012

Milky the Little Robot......Recycle don't litter....DIY

Hello ... I'm Milky... from recycle lab...beep...beep
Si Milky ini adalah uji coba saya untuk  mencoba menerapkan prinsip "reduce-reuse-recycle"  tantangan dari Month Challenge Indonesian Crafter yang saya ikuti. Ide awalnya saat saya menuang susu bubuk ketempatnya, saya lihat kemasan alumunium foilnya cukup kuat utuk dibuat sesuatu yanh dijahit. Akhirnya timbul ide membuat boneka robot dari kemasan susu yang 99% bahannya recycle...:).

Kenapa pilihan saya memuat robot? Alasan utama saya ..ya untuk membuat mainan untuk putra bungsu saya   Qeis(3th) yang suka sekali menonton Astro Boy yang ceritanya dan isinya robot melulu :)

Ternyata menyelesaikan robot sederhana ini cukup sulit bagi saya...karena disamping bahannya yang agak sukar dijahit ( dengan tangan lho 100% handmade), apalagi membalikknya...perlu kehati-hatian agar tidak robek dan kusut...kendala kedua adalah Qeis yang sangat antusias dan tidak sabar menunggu jadinya si Milky, baru setengah jadipun sudah dipakai bermain dan dibawa kemana-mana.... :D

Mau ikut coba membuatnya ?....kita lihat bahan utamanya ya....

Bahan yang akan dipakai :

  1. Alumunium foil kemasan susu yang sudah dibuka menjadi lembaran dan dicuci serta dikeringkan.
  2. Perca kain kecil-kecil ntuk isian boneka
  3. Kardus susu untuk pola robot sekaligus rangka penguat robot.
  4. Benang jahit dan benang wool
  5. kain felt/perca untk hiasan robot
  6. lem serbaguna
Tahap pembuatan
  • Buatlah pola di karton susu untuk kepala dan badannya yang berbentuk dua box yang berukuran kecil untuk kepala dan besar untuk badan robot, ukurannya bebas sesuai besarnya kemasan yang kita pakai. lalu gunting.
  • Tempelkan pola pada lembaran alumunium foil dan gunting dengan melebihkan sekitar 5mm untuk kampuh. 

  • Sulam mulutnya dengan tusuk tangkai dan pasang matanya dengan menjahit kain perca berbentuk linkaran, jelujur dan serut sambil mengisi dengan dakron/kapas. lalu jahit ke mukanya.
  • Jahit semua potongan sisi kepala biarkan satu sisi terbuka sehingga menyerupai kantong, lakukan juga pada potongan badan.
  • Balik dengan hati-hati dan dorong ujungnya pelan-pelan dengan bantuan sumpit.


  • Potong satu sisi pola kepala dari kardus tadi dan masukkan ke kantong kepala yang sudah dijahit tadi dengan bagian yang terbuka tidak tertutup kardus (tadi sudah dipotong kan?), Untuk badan robot hilangkangunting sisi atas dan bawah pola kardus sebelum dimasukkan ke kantung badan. Hal ini untuk memudahkan proses penyambungan abtara agian dengan jahitan tangan (tidak mentok di kardus)

  • Isi  penuh dengan perca agar boneka tidak peot dan jahit sisi yang terbuka dengan rapi

  • Buat tangannya (bentuk sesuai selera) lalu jelujur dan isi dengan dakron. Untuk kaki buat dua tabung seperti guling kecil, masukkan kartun  persegi panjang yang digulung baru isi.

  • Gabungkan bagian-bagian robot dengan jahitan tangan
  • Hias dengan kain felt tempel dengan lem.
Siap dimainkan....beep....beep....bep

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...