SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Senin, 21 Januari 2013

Boneka Kucing dari Kaus Kaki

Hai cat lovers!...Tutorial kali ini adalah membuat boneka kucing dari kaus kaki... Tutorial ini saya buat atas permintaan DAAI TV...yang meminta tutorial boneka yang gampang agar bisa diikuti anak-anak yang menonton. Setelah browsing sana-sini akhirnya saya putuskan untuk membuat boneka dari kaus kaki...dan ternyata memang gampang sekali membuatnya kalau kita coba langsung! Ayuuk dicobaa...
Dibawah ini adalah perpaduan dari beberapa tutorial yang bertebaran di dunia maya. Boneka kaus kaki ini bisa buat souvenir acara anak2 lho karena bahan-bahannya relatif murah dan pembuatannya relatif simpel.

Bahan-bahan yag dibutuhkan cukup sederhana: 1 kaus kaki, dakron, benang jahit dan sulam, spidol, gunting, jarum



 Balik kaus kaki dan letakkan bagia tumit diatas

pola kucing dari kaus kaki 


Gambar kepala kucing pada bagian ujung kaus kaki dengan menggambar  bagian kupingnya saja seperti diatas, gampang kan...?


Gambar garis lengkung tadi langsung kita jahit dengan tusuk tikam jejak atau pakai mesin jahit , tanpa memotongnya dulu agar kaus kaki tidak ngelinting :D


Kalau sudah dijahit baru kita potong 2-3mm dari jahitan ..ingat yang ke arah pangkal kaus kaki motongnya yaaa :D







Lalu kita potong bawah kepala kucing (bagian ujung jari kaus kaki) untuk membalik dan mengisi...lanjuuut... balik kepala kucing dan sisihkan sejenak.

Sisa Kaus kaki kita buat badan kucing, gambar kaki kucing dengan membagi dua  ujung atas dan ujung bawah dengan garis kira-kira 5cm, lalu gambar keliling garis untuk tanda yang harus dijahit atau bisa juga langsung dijahit kalau anda tidak sabaran hehehe. fungsi garis awal tadi untuk tanda yang harus digunting

Jahit kakinya mengikuti tanda garis jahit tadi, sampai semua ujung atas dan bawah tertutup seperti gambar dibawah ini...dan potong bagian karet kaus kaki.

Potong garis yang membelah dua kaki, ingat jangan sampai jahitan anda tadi ikut terpotong

Potong sedikit bagian perut kucing (bagian atas kaus kaki ...bukan tumit yaa)

Setelah dibalk jadi seperti ini

Isi kepalanya dengan dakron/silikon...mulai dari kedua telinganya, isi secukupnya sambil dibentuk supaya bulat


Isi juga badannya

Lihat..... hampir jadi!



Jelujur lubang kepalanya tarik/diserut sampai lubang tertutupikat mati.

Tutup lubang perutnya dengan tusuk tangga (hampir seperti jelujur tap zigzag atas dan bawah setiap tusukan)

Hias muka boneka dengan sulaman menggunakan benang wol/benag sulam

Jika sudah keluarkan ujung benang pada bagian bawah kepala dan ikat simpul mati.

Hmm ...halloooo disana :P


Sambung kepalanya ke badan dengan tusuk tangga juga ...

Kucing sudah jadii...mau menambahkan ekor silahkaaan dicoba sendiri hehehe


Minggu, 13 Januari 2013

Ke Luar Negri Jual Mahal?...Harus itu!


Sebenarnya tulisan ini sambungan dari postingan kemarin "Tak terasa 10 tahun menjadi pengrajin boneka!" .

Saya mulai membuat desain baru handmade softdoll karena terinspirasi dari teman-teman di IC, dalam hati saya berkata: 'jika teman-teman IC bisa membuat boneka dengan harga yang tidak biasa bagi pasaran Indonesia dan ternyata ada kelompok masyarakar yang bisa menerima harga itu kenapa tidak saya coba?'.
Setelah saya mencari ide dengan browsing akhirnya jadilah beberapa handmade softdoll  yang saya launching bulan 1 September 2012 lalu, karena saya belum tahu apakah desain boneka terbaru  saya dengan harga limited craft (bukan harga boneka produk massal) ini diterima member FP Tsabita Boneka & Puppet,  maka sengaja saya tidak pasang harga disana , harga hanya saya sampaikan via inbox atau SMS untuk membedakan dengan produk reguler kami.  Alhamdulillah respon awal sangat bagus walaupun tak terjual semua :D
Mereka sudah berangkat ke Jepang...bye..bye

Beberapa hari setelah lauching handmade softdoll ada pesan di Inbox FP saya yang berbunyi :
 hello.. do you make custom order.. and do you ship to japan.. ? please reply.. thanks. 
Dalam hati berkata waduh siapa nee, kayanya bukan orang Asia..Maka sebelum menjawab saya mengecek dulu akunnya, ternyata si pemilik akun adalah orang eropa yang tinggal di Jepang. pantes pake bahasa Inggris kalo pake bahasa Jepang saya arigato saja hahaha. Berhubung biasanya cust saya paling jauh hanya Malaysia dan Singapura dan mereka juga memakai bahasa Melayu maka agak grogi juga jawabnya hahaha, maklum bahasa Inggris saya masih kelas Tarzan ...Auooo gitu lho.

Pesan itu tidak saya balas langsung, saya masih terbengong-bengong ...oh ternyata boneka buatan TsabitaBoneka juga disukai oleh orang bule ya...saya pikir paling banter cuma sesuai dengan selera Indonesia dan sekitarnya saja (hal ini jugalah yang memotifasi saya membuat blog baru dengan bahasa Inggris)... maka saya bertekat tidak mau memberi harga sama dengan disini hehehe.

Maka yang saya lakukan pertama malahan browsing Etsy dan Pinterest untuk mencari perbandingan harga dan browsing ongkos kirim...karena akan aneh jika harga boneka lebih murah dari harga ongkos kirimnya :D , akhirnya saya tetapkan harga di bawah harga Etsy (untuk boneka dengan spesifikasi seperti buatan saya....$ 35 USD / boneka ditambah ongkos kirim yang sama dengan harga bonekanya , sambil dalam hati berkata "Terserahlah lo mau apa kagak, emang gue pikirin hehehe" :P

Benar saja... si ibu Bule keberatan dengan ongkos kirimnya ...tapi dia tetep ngotot ingin boneka sofdoll buatan TsabitaBoneka dan merayu saya dengan mengatakan akan membeli 3 boneka jika saya menberi diskon ongkos kirimnya....hahaha ternyata orang bule bisa nawar juga :D. Akhirnya saya sepakati tapi dengan syarat dia mau menunggu beberapa hari lagi , karena saya harus menyelesaikan beberapa softdoll lagi agar dia mempunyai pilihan.

Karena kesibukan saya baru 3 bulan berikutnya saya baru bisa membuat boneka handmade lagi, pikir saya wah si bu bule pasti udah males deh...bayangkan saya bilang 'few days' ternyata '3 bulan' baru ada softdollnya! Iseng saya coba tawarkan lagi ke Ibu tadi...dengan prinsip mau syukuuur gak mau ya udaaah  :P
Ternyata Ibu bule itu tetap mau ! kukira sudah lupa dia hahaha. Bahkan dia akhirnya dia mau 4 boneka dengan syarat ongkos tetap!...Syukurlah saya sudah prepare dari awal dengan menaikkan harga boneka dan menghitung ongkos kirim dengan volumetrik. Dengan keahlian membungkus pegawai saya yang bertenaga kuli...hehehe...akhirnya ...taraa 4 boneka bisa dibungkus seperti 1 boneka!
Packing ajaib yang nggak ada keren-kerennya tapi muat 4 boneka !
Apakah selesai permasalahan saya disitu? Ternyata tidak! Masalah kedua timbul ketika dia hanya mau membayar lewat PayPal ( bank online internasional)...karena kami tidak punya akun Paypal dan belum pernah sama sekali menggunakannya :P, biasanya pembeli kami dari Malaysia menggunakan Moneygram atau Western Union yang lebh mirip wesel elektronik . Akhirnya saya minta waktu lagi untuk membuat akun dan mempelajari PayPal....apa reaksi dia?...jawabnya :...I can wait...even  forever...hahaha

Selanjutnya saya dan suami mempelajari paypal...atau lebih tepatnya saya memaksa suami ikut mempelajarinya hahaha, karena bagi orang seumur saya cukup berat mempelajari hal baru ...jadi saya butuh teman untuk bertukar pikiran ...apalagi menyangkut keuangan. Akhirnya dengan browsing sana sini jadilah akun kami yang sudah terverifikasi (syarat utama bagi seller!) tanpa perlu punya kartu kredit (kami agak gimana... gitu dengan kartu kredit hehehe). Setelah jadi saya bingung diapain nih akun Paypalnya...karena dari gosip nggak bisa langsung digunakan ...Alhamdulillah ada temen IC mbak Eka Ratna Puspita Dewi (Nana) yang membantu saya memahami sebagian cara kerja Paypal....Thanks so much mbak Nana ^_^

Setelah saya infokan akun Paypal saya ke Ibu Bule tadi beberapa hari kemudia dia transfer...ketika saya cek  akun paypal ...saya cukup kaget... lho kok jumlahnya gak sesuai dengan permintaan saya ...hampir saya labrak tuh bu bule hahaha, setelah di baca ulang oleh suami saya (saya tadi cuma lihat saldo/balance aja hehehe)...ketemulah penyebabnya...ternyata Paypal meminta upah jasanya kepada seller (TsabitaBoneka) yang cukup lumayan sekitar $7 USD ... Jadi temen-temen dari pengalaman saya tadi jangan sampai kita menjual murah karya craft kita keluar negri karena banyak biaya-biaya yang harus kita perhitungkan!

So..Ke luar negri jual Mahal? Harus itu!

Jumat, 11 Januari 2013

Tak terasa 10 tahun menjadi pengrajin boneka!

Boneka buatan TsabitaBoneka mungkin sudah tak asing bagi orang Malaysia atau Singapura, walaupun mereka tidak mengenal merk TsabitaBoneka ....Kok bisa?!!! mungkin pernyataan tadi sedikit membingungkan bagi sebagian teman-teman. Tentu bisa....Boneka buatan kami terutama boneka softdoll muslim sudah cukup lama beredar di Malaysia, beberapa customer kami memang memesan dalam jumlah banyak untuk mereka jual lagi dengan merk toko mereka, tentu setelah ada kesepakatan tertentu dengan kami (yang jelas mereka tidak pernah complain dengan harga saya yang mungkin mereka anggap murah). Biasanya yang mereka pesan adalah boneka yag memang kami buat massal tapi tetap terbatas (exklusif) tidak sebanyak buatan pabrik/garment jadi sebanyak-banyaknya buatan Tsabia Boneka tetap tidak pasaran...karena memang tidak dijual di pasar hahaha.

Beberapa teman-teman saya menyayangkan hal...itu menunjukkan betapa mereka sayaaang dengan saya :D. Dalam dunia perbonekaan memang sangat berat memenuhi tuntutan pangsa pasar Indonesia yang menuntut produk dengan harga semurah mungkin. Saya terus mempelajari mengapa saya tidak bisa menjual semurah produk-produk lain yang sekilas mirip dengan produk saya.

Ternyata ada beberapa pelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman saya selama 10 tahun (dari tahun 2003-2013) menggeluti Boneka. Pertama bahan utama yang saya pakai selama ini (kain Fleece : biasa dibuat untuk baju musim dingin) ternyata memang mutunya jauh lebih bagus dan harganya lebih mahal  dari produk sejenis yang dibuat pabrikboneka untuk pasaran  Indonesia ...betapa bodohnya saya selama memaksakan diri agar harga buatan kami sama dengan harga buatan pabrik boneka Bekasi atau Bandung misalnya hahaha. 

Setelah saya mempelajari bahan-bahan boneka yang biasa dipakai mereka saya mencoba membuat boneka tangan dengan bahan seperti yang mereka pakai, suami saya sebagai bagian logistik hunting mencari bahan ke pusat grosir bahan terbesar se Asia tenggara ...yaa ke Tanah Abang hihihi. 
Memang... harga bahan lebih murah dari yang biasa kami pakai...tapi saya hitung-hitung kok buatan kami tetep tidak bisa semurah buatan mereka ya? padahal kami tidak terlalu rumit untuk menentukan harga jual, karena kalau mengikuti rumus baku itu tentu harganya akan lebih mahal :P.

 Akhirnya ketemulah penyebab kedua... biasanya pabrik pasti belanja bahan boneka dalam jumlah besar (satu mobil box minimal)... dan tahukah teman harganya jauuuh lebih murah lagi dari Tanah Abang (saya tanya ke pabrik penyedia bahan boneka by phone)...dengan syarat tadi...beli minimal satu mobil box bahan akan langsung diantar ke pembeli. 
Kebayang kan...kalau harus beli bahan sebegitu banyak hahaha.... harus ngungsi kemana saya dan keluarga saya karena rumahnya penuh gulungan kain bahan boneka !. Dan dana yang dibutuhkan tentu juga tidak sedikit.... :P

Baru saya sadari kebodohan saya yang kedua... ngoyo berusaha menyamai pabrik/garment besar yang jelas-jelas bukan kelas saya yang baru setingkat pengrajin rumahan ('gelar' ini sudah diberikan Tabloid Nova dulu kepada saya cuma saya baru sadar sekarang hahaha), ternyata saya belum layak disebut pengusaha....huehehe (nangis campur ketawa)

Akhirnya saya mencoba membuat beberapa desain produk yang lebih exklusif dan beberapa benar-benar limited...sambil tetap memproduksi yang reguler (massal) tapi dalam jumlah semampu kami dan harga sesuai dengan ongkos produksi yang kami keluarkan ...karena tentu kami masih punya tanggung jawab memberi pekerjaan beberapa pegawai kami :D . 

Alhamdulillah ...respon yang kami terima cukup bagus, walaupun ada juga yang mengkritik saya telah  berubah jalur .. bagi saya sungguh semua kritikan dan saran dari teman-teman selama ini sangat membantu kami menyadarkan dimana posisi kami dan apa yang harus kami rencanakan selanjutnya. Tentu saya tetap masih berharap suatu saat tingkatan saya berubah dari pengrajin menjadi pengusaha craft  :D

Selasa, 08 Januari 2013

Karena Aku Wanita...liputan oleh B Channel


Teman-teman in sekilas info liputan B Channel untuk acara " Karena Aku Wanita" dengan fokus liputan boneka muppet cablak...ada wawancara dan tahapan pembuatan bonekanya...tapi saya tidak tahu apakah pembuatannya akan ditayangkan secara detil. Terimakasih B Channel sudah berkunjung ke sarang kami :)
Boneka cablak ular yang pembuatannya diliput B Channel hari ini

Mempraktekkan cara memakai boneka cablak Ular

Sudut paling berantakan...yangmasuk TV wkwkwk

Membuat boneka cablak ular (finishing)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...