SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Jumat, 28 Desember 2012

Waatttaa...! Tutorial boneka Ninja !


Qeis (anak bungsu saya) sudah hampir 4 tahun usianya...anak balita cepat sekali pertumbuhnya jadi banyak t-shirt  mereka yang mulai kekecilan. Tshirt yang dipakai disini tshirt favorit Qeis yang sudah kekecilan, karena sering dipakai kayaknya tidak layak diberikan ke orang lain ,karena itu saya mencoba merubahnya menjadi sesuatu yang bisa dipakai untuk bermain Qeis. Qeis sangat suka menonton film kartun ninja yang lucu maka saya coba membuat boneka ninja untuknya seperti yang pernah saya lihat di internet. Saya mulai membayangkan polanya. Jadinya seperti inilah pola karangan saya.

Pola Badan dan Tangan Ninja
Pola Kepala dan Wajah Ninja
 (Pola ini bebas digunakan tidak untuk dijual , silahkan jika anda ingin mencetak pola untuk anda gunakan sendiri dan menjual boneka hasil karya anda dengan memakai pola ini, dan saya sangat menghargai anda tidak menjual pola karangan saya :) Silahkan membagikan dengan menyertakan link blog kami)

Alat dan Bahan-bahan: 
  • 1 Tshirt tak terpakai 
  • Jarum dan benang jahit (mesin jahit jika ada)
  • Dakron/silikon untuk isian
  • perca/felt untuk wajah dan menghias boneka
  • Lem sebaguna/lem tembak
  • Gunting


Cara membuat boneka ninja:

1. Siapkan tshirt/kaus anak yang sudah tidak terpakai dan cetak pola  (pola saya buat di kertas A4 , Anda bisa memperbesar atau memperkecil pola sesuai ukuran tshirt yang digunakan, usahakan agar lengkung bagian bawah kepala sama persis besarnya dengan lengkung leher pada badan)


2.  Potong tshirt sesuai pola stiap pola langsung sepasang (2 lembar), kecuali tangan anda memerlukan 2 pasang (4 lembar), perhatikan pengaturan letak pola agar 1 tshirt cukup untuk semua pola . Untuk muka anda bisa memakai kain perca / kain felt warna kulit, dan cukup potong 1 lembar saja

3. Jahit muka boneka ke kepala depan , disini saya memakai bantuan mesin jahit karena sedang malas menyulam hehehe.

4. Jahit keliling tangan boneka (janga lupa sisi baik kain berhadapan) dan biarkan terbuka bagian pangkal lengan, balik dan isi dengan dakron/silikon.


5. Susun tangan diatas pola badan dan tumpuk dengan pola kepala dengan wajah boneka menghadap ke tangan dan badan seperti gambar dibawah ini. Dengan bantuan jarum pentul jahit sepanjang leher depan boneka. 
6. Jahit kepala belakang dengan badan belakang tapi sisakan lubang tak terjahit ditengah, kira-kira cukup untuk membalik nanti.


7. Tumpuk bagian belakang dan bagian depan boneka dengan sisi bagus berhadapan dan tangan ada didalam tumpukkan, lalu jahit keliling boneka dari kepala sampai kaki semuanya.
8. Balik melalui lubang di leher belakang yang tadi disisakan.


9. Isi sampai penuh/secukupnya sesuai selera, jangan terlalu sedikit karena boneka akan kempes dan peot.

10. Jahit lubang isian dengan menggunakan tusuk tangga seperti dibawah dan simpul benang dengan kuat.

Sudah jadi dan siap dihias dengan mata menggunaan kain felt!



Disini menghias boneka saya serahkan pada suami saya, agar bonekanya cocok untuk anak laki-laki hahaha. Alasan sebenarnya anak saya minta ninjanya membawa pedang hehehe jadi ayahnya deh yang buatin pedangnya.

Rabu, 26 Desember 2012

Badak Jumbo pakai rompi batik?

Baru kali ini kami mendapat pesanan boneka maskot ukuran jumbo, boneka ini pesanan teman kami yang mendapat kepercayaan mengelola toko produk craft di sebuah mall di Jakarta selatan. Badak gaya ini ukurannya kalo berdiri hampir 1,5m , tapi berhubung dia cuma bisa duduk saja jadinya yaa lebih pendek hehehe


Ini tahapan membuat badak jumbo yang di peragakan oleh si boss dan anak buahnya hehehe
Ceritanya menggambar pola.....

Teruuus...pola digunting 

Menggunting kain...mmm itu pola badannya lhoo

Udah pasti lagi jahit nie !

Mengisi tangan badak

Memasang anggota tubuh badak oleh Ncam & Ahmad

Si badak menyerah kalah dikitik-kitik....hehehe ....enggak dong ini lagi masang tangan :D

Mejeng dulu dengan boss sebelum pakai rompi anti peluru....rompi batik maksudnya :D
Sssstt temen-temen ada Diskon Khusus akhir tahun hanya sampai tanggal 31 Desember 2012 ! klik disini .

Jumat, 21 Desember 2012

Refleksi Akhir Tahun TsabitaBoneka


Kami adalah pembuat boneka dan puppet (boneka tangan) secara rumahan (homemade) dan sebagian besar proses pembuatan boneka kami masih dengan tangan (handmade) , kami bukan industri atau garment besar seperti yang anda sangka, walaupun banyak yang mengira buatan kami adalah buatan pabrik/garment besar.

Jadi mungkin kami lebih tepat disebut indie crafter, karena kami tidak terikat assosiasi tertentu. SDM kami masih bisa dihitung dengan jari, tapi kami bangga buatan kami sudah sampai ke luar negri.

Jadi jika anda berminat dengan buatan TsabitaBoneka dan merasa kesal karena tak terlayani, kami mohon maaf atas keterbatasan kami. Mudah-mudahan kedepan kami bisa lebih baik lagi dalam melayani anda.


Beberapa proses finishing boneka dan puppet di rumah kami yang sering masuk liputan media, sedangkan penjahitnya under cover  nggak pernah kefoto hahaha...





Senin, 17 Desember 2012

Badut Lucu

Hasil dari terlalu sering main ke Pinterest jadi kepingin mencoba membuat macam-macam jenis boneka handmade, memang prosesnya cukup membuat pegal tangan karena banyak memakai jahitan tangan untuk memasang rambut , aksesories ,bahkan anggota badan .Dan kali ini sangat sedikit lem yang digunakan , hanya saat menghias topi dengan kain felt putih. Inilah handmade softdoll terbaru kami...Clumpsy si Badut
Clumpsy the clown
Lucu kan tampangnya? Tinggi bonekanya sekitar 45cm, jadi lebih kecil 10cm dari boneka handmade sofdoll anak-anak terdahulu. Bahan yang dipakai hampir semuanya memakai bahan fleece/polar, hamya topi yang memakai kain felt, dan dasi nylex...jadi  aman untuk balita sekalipun :)
InsyaAllah kami akan membuat beberapa lagi boneka badut handmade, jadi tunggu kemunculan rombongan boneka badut handmade dari Tsabita Boneka


Rabu, 12 Desember 2012

Cara mencuci boneka handmade yang terbuat dari kain


Disini akan dibahas mengenai cara mencuci boneka/softdoll dari kain, terutama boneka handmade yang memerlukan perlakuan khusus. Bukan untuk mencuci boneka muppet cablak! Karena boneka muppet cablak memerlukan perlakuan agak berbeda agar tidak rusak.

Yang perlu kita ketahui adalah jenis kain boneka, kain katun mudah pencuciannya tapi kadang-kadang sering susut, jika kain sintetis atau campuran pencucian akan lebih mudah karena kemungkinan tidak akan menyusut, kain felt  kadang berubah bentuk setelah pencucian.

Untuk handmade softdoll  buatan tsabita boneka yang terbuat dari fleece/emen/polar bisa dicuci tanpa perlu mengkhawatirkan penyusutan atau kusut pada kulit boneka setelah pencucian.
Tapi jika boneka anak anda sudah kotor tentu mau tak mau harus dicuci , dibawah ini adalah tips mencuci boneka kain dengan aman jika anda khawatir mencuci dengan mesin cuci akan merusak boneka handmade anda.

Persiapkan peralatan dan  boneka yang akan dicuci :
  • lepas kostum / baju dan asesories boneka yang bisa dilepas, baju boneka bisa dicuci seperti baju biasa.
  • Ikat/kuncir  rambut boneka jika boneka mempunyai  rambut  yang terbuat dari benang  wool/katun yang dijahit  tangan dan pastikan tidak terlepas saat pencucian!. JANGAN PERNAH menyikat rambut boneka yang terbuat dari benang karena akan merusak nya! Rambut boneka dari benang hanya bisa disisir dengan jari !.
  • Lebih bagus jika ada kantong  yang terbuat dari kain jaring/tile  anda bisa membungkus paling tidak kepalanya dan rambutnya seperti topi mandi (shower cap).

  •  Peralatan yang dibutuhkan  baskom/ember kecil, sikat gigi, sedikit  sabun cair /sabun cair pencuci piring juga bisa/ sampo juga boleh, handuk yang  tidak berwarna gelap agar tidak melunturi boneka .


Cara mencuci boneka:
  • Isi baskom dengan air biasa atau hangat  suam-suam kuku juga boleh (jangan menggunakan air terlalu panas atau terlalu dingin!).
  • Gunakan sedikit sabun cair larutkan pada air dibaskom kocok sampai berbusa.
  • Rendam boneka selama 10 menit atau lebih .
  • Jika ada noda membandel sikatlah dengan lembut memakai sikat gigi sampai noda hilang, jika terbuat dari kain felt jangan menggunakan sikat gigi! ganti sikat gigi dengan jari yang ditutup handuk kecil di basahi air sabun.Usap dengan gerakan memutar.
  • Tiriskan air dari baskom dan tekan kelebihan air dari boneka.
  • Bilas sabun dari boneka dengan air biasa.
  • Gulung dengan handuk untuk menghilangkan kelebihan air, atau untuk softdoll buatan TsabitaBoneka bisa dikeringkan dengan mesin pengering pada mesin cuci dan jemur atau angin-anginkan sampai kering. Usahakan kering pada hari itu juga untuk mencegah bau apek pada boneka. Jika cuaca tidak bersahabat anda bisa menggantungnya dekat kulkas anda :)
Tips diatas bisa juga digunakan untuk semua boneka handmade yang lain selain produk kami. 

Senin, 10 Desember 2012

Hoody Softdoll baru 55cm

Ready Stock! masing-masing boneka cuma ada satu!Bisa dilihat juga di Facebook page kami
SMS kan pertanyaan anda di : 08129597095


Choky Hoody
Cubby Hoody

Reddy Hoody
Pinky Hoody

Terbaru! Handmade Softdoll 55cm

Ready Stock! masing-masing boneka cuma ada satu!
Bisa dilihat juga di Facebook page kami
SMS kan pertanyaan anda di : 08129597095
Alice
Daisy
Caca
Emily




Emma
Indy Blue
Lala
Ran

Ren
Villy 



Jumat, 07 Desember 2012

Baru! variasi mata pada muppet cablak

Teman-teman selain membuat mata dengan kain felt dan bordir kami juga mambuat varian baru dari plastik,
mata pingpong bulat dan menonjol (setengah bola)

Varian mata plastik+felt buatan sendiri

Kamis, 06 Desember 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...