SMS/WA :0812 9597 095 (Tsabita Boneka) 8.00-17.00 WIB
atau kirim pertanyaan anda melalui inbox ke FP Tsabita Boneka&Puppet

Kamis, 28 Juni 2012

How to make Rag Doll [Tuto]


Punya anak perempuan?...suka boneka pasti ! coba mommy yuk buat sendiri :). Dibawah ini saya membuat tutorial atas permintaan Tabloid Genie untuk difoto pada sesi wawancara senin 25 Juni 2012. Tapi karena disini saya yg mengambil gambarnya jadinya buram dan tidak profesional hehehe....jadi kalau mau lebih jelas gambarnya ya di Tabloid Genie di rubrik creativity yang akan terbit Jum'at nanti

Bahan-bahanya sederhana dan mudah didapat :
  •  Kain perca katun aneka motif ditambah sedikit kain felt untuk sepatu dan muka, atau  suka-suka :)
  • Benang jahit dan benang sulam hitam dan merah untuk mukanya
  • Dakron atau kain perca kecil-kecil untuk isinya
  • Oya juga kertas karton untuk pola yaa..
Peralatan yang dibutuhkan :
  • Gunting
  • Jarum jahit dan jarum pentul
  • Mesin jahit kalau ada kalau tidak ada anda bisa menjahit dengan tusuk tikam jejak :)
  • Sumpit untuk membantu membalik dan mengisi
  • pensil yang tajam


Pertama-tama buat pola seperti gambar disini ukuranya bebas, saya membuat untuk kepala,badan dan lengan sekitar 15cm tinginya , kaki ditambahin sedikit hehehe dikira2 saja sesuai selera :)

 Lalu potong bahan sesuai pola masing-masing dua lembar kecuali  untuk muka cukup selembar saja. Sepatu bikin 2rangkap= 4 lembar yaa..


Jiplak pola mulut dengan pensil tajam lalu sulam dengan tusuk tangkai dengan benang sulam merah. 
Pasang muka ke kepala boneka juga asesorisnya (aplikasi) dengan bantuan jarunm pentul. lalu jahit keliling muka dengan tusuk feston . Terus pasang mata dar kain felt hitam jahit di twmpatnya jadinya seperti dibawah ini.....hehehe maaf fotonya buram....maklum fotografer dadakan :)


Lalu jahit sambung bagian tangannnya dengan lengannya, terus lipat jahit keliling pinggirnya sisakan lubang diatas untuk membalik dan mengisi. begitu juga untuk kaki. 
 Untuk kaki jahit dulu bagian beakang sepatu sedkit lalu sambung ke kakinya, lipat dua dan jahit kelilingnya yang terbuka kecuali atas tentu. Jangan lupa membalik dan mengisinya yaa denga dakron.

 Ayo kita sambung potongan kepala dengan badan kedua-duanya, lalu letakkan tangan yang sudah diisi menyilang di badan depan dan tutup dengan badan belakangnya seperti sandwich yaa.. jadi laper nih :)

 Lalu jahit keliling badan biarkan terbuka bagian bawahnya, terus balik jadinya seperti diatas ..taraaa...
Jahit kaki yang sudah terisi pada bagian bawah badan depan sehingga seperti dibawah ini...tapi jangan sampai menutup lubang bawah ...hehehe nanti mengisi boneka dari mana donk

Isi...isi....isi...secukpnya jangan terlalu padat karena membuat muka boneka berkerut, sebenarnya untuk badan lebih bagus menggunakan kain perca jadi boneka tidak terlalu tipis dan enteng :)


Setelah diisi jahit lubang bawah badan dengan rapi....siap diberi hiasan tambanhan sesuai selera

Disini saya belum sempat membuat hiasan tambahan sudah ditungguin anak saya qonita (6th) yang tidak sabar menunggu jadinya dan di foto untuk Tabloid Genie

Boneka Puppet Cablak 70cm khusus untuk kakak pendongeng

Kakak -kakak pendongeng tentu membutuhkan boneka tangan untuk membantu mewujudkan imaginasi cerita mereka agar semakin seru. Terutama kakak pendongeng yang mempunyai keahlian sebagai ventriloquist, ventriloquist mempunyai keahlian berbicara dengan suara perut (istliah orang awam seperti saya hehehe) sehinga seolah-olah suara itu keluar dari boneka tangan yang dipegangnya.


Dengan boneka tangan yang bisa digerakkan mulut (moveable mouth puppet), tentu karakter yang dibawakan jadi lebih ekspresif dan interaktif. Untuk itulah Tsabita Boneka memuat produk yang kami sebut puppet cablak atau orang  lebih sering mengenalnya dengan boneka muppet.

Ini adalah contoh dari boneka puppet cablak anak putri buatan Tsabita Boneka...yang tentu saja bisa diberi tambahan jlbab jika diminta yaa...tanpa tambahan biaya  :)


Puppet Cablak Anak Putri rambut kuncir satu
Puppet Cablak Anak Putri kepang dua

Puppet Cablak Anak Putri kuncir dua
Khusus pupet cablak ini harus dipesan dulu yaa ...karena tidak ready stock dan limited product handmade :)

Senin, 18 Juni 2012

Funny Face...special order

Bosan dengan tampang boneka yang biasa-biasa saja? Kenapa tidak dicoba boneka dengan tampang lucu extra ordinary...contohnya seperti puppet dibawah , ini kami buat karena pesanan khusus dari customer kami   , lucu dan unik kan hehehe:)


Rabu, 13 Juni 2012

Tsabita Boneka di B channel TV

Hari ini bengkelnya Tsabita Boneka diliput B Channel TV terutama produk Moslem Softdoll .Insya Allah akan ditayangkan besok 14 Juni 2012 pukul 11:00 di acara Galeri . Dibawah ini adalah proses   pengambilan gambar dan wawancara bersama mbak Angel dari B channel TV dengan gaya lesehan hehehe :D. Specially Thank for Indonesian Crafter





Karena dihubunginya dadakan sehari sebelumnya, jadi yang majang disini pegawai Tsabita Boneka yang ready stock saja, si abang: Ncam, Ahmad dan Rifki bagian finishing, sedangkan rombongan ibu-ibu penjahitnya sedang stand by di rumah masing-masing hehehe. tapi ada sih saya lagi mejeng menjahit juga. 

Oya.... ini lho Moslem softdoll terbaru kami yang sempat diliput B Channel  TV sebelum berangkat ke pemesannya di Malaysia  ...Lucu kan...kostumnya bisa dibongkar pasang lagi :D . 
Moslem Softdoll 44cm muka bordir

Specially Thaks for Indonesian Crafter , we proud to be your family !!

Rabu, 06 Juni 2012

Bagaimana Sich...Tahapan Membuat Puppet Customize


Membuat boneka tangan (puppet) dengan karakter tertentu terutama yang customize membutuhkan extra tenaga,waktu dan pikiran dan tentu butuh juga extra bahan! kenapa?


Contoh Desain Customize dari Shinta "Anakola Merah"
Pertama saya akan melihat desain apakah saya mampu mengerjakan atau tidak, apakah desain itu bisa diterapkan ke bahan yag saya pakai? setelah melihat desain yang biasanya dari bentuk 2 dimensi (gambar/foto) saya harus bisa membayangkan ke bentuk 3 dimensinya, apakah cukup sampai  itu? tentu tidak setelah itu saya harus membayangkan ke bentuk bonekanya kira-kira jadinya seperti apa dan dimana letak potongannya sehingga bisa dirubah menjadi pola-pola potongan dua dimensi yang jika di rekontruksi bisa menjadi boneka yang diinginkan. Semua itu diproses diotak dengan bantuan corat-coret di kertas tentu, karena kami tidak punya software dan komputer canggih seperti pembuat film animasi Disney :D. Tahapan ini lebih mirip tahap perenungan ata semedi kal ya..hehehe, yang jelas ini sangat tergantung mood saya dan waktu yang tersedia. Karena itu saya tidak akan mau menerima special order dengan pembatasan waktu yang sangat singkat apalagi jika karater itu tidak pernah saya buat.


Ini hasil akhirnya customize puppet desain mbak Shinta di atas

Yang perlu diperhatikan pula adalah karakter bahan , karena saya membuat pupet khusus hanya yang berbahan kain dan diisi dakron, maka tidak bisa semua desain bisa kami wujudkan menjadi puppet. Kadang-kadang customer/pemesan salah menduga bahwa semua puppet- contohnya yg karakter yang ada di muppet atau sesame street- terbuat dari kain, padahal puppet terbuat dari banyak bahan yang kadang mirip dengan kain tapi sebenarnya bukan kain, yang tentu saja menyebabkan detail dan hasil akhir yang berbeda dengan bahan kain.


Contoh lain desain customize mb' Shinta

Setelah bisa mewujudkannya menjadi pola, maka saya harus mencoba dulu pola tersebut di bahan lain untuk melihat apakah pola yang dibuat sudah benar -istilahnya membua dummy boneka-, jika tidak maka pola akan dirubah dan dicoba lagi, jadi kadang dummy boneka bisa lebih dari satu untuk menemukan bentuk yang paling mendekati karakter pesanan.


Contoh customize puppet

Setelah hasil maximal dan cukup mendekati, baru kita mulai menerapkan pada bahan yag sesuai dengan warna pemesan. Pemilihan warna (apalagi motif) juga cukup menguras energi, karena tidak semua warna ready stock di toko bahan boneka, dan bahan yang bisa di beli cuma semeter tentu pilihan warna hanya yang ada di stock dan sudah pasti harga juga berbeda dibanding kita beli kain segulung...hehehe.

SIDU CREATIVE CUSTOMIZE PUPPET

Untuk boneka yang membutuhkan bordir (muka atau nama) bahan kain harus di bordir dulu baru bisa dipotong sesuai pola, sehingga cukup banyak bahan yang terbuang di sekitar pola, karena jika kita potong dulu tentu tidak bisa dijepit dengan pidangan tukang bordirnya dooonk :)


Special Order PPIPTEK Taman Mini Indonesia Indah

Setelah pola kita potong tentu tahap selanjutnya adalah penjahitan untuk menggabung potongan pola, yang harus disertai doa yang banyak hehehe...mudah-mudahan mesin jahitnya ga ngadat dan hasil akhirnya sesuai harapan.

Tahapan terakhir adalah finishing seperti mengisi,menghias (memasang rambut termasuk disini) dan memberi kostum dan asesories sesuai karakter...dan pembersihan.

Catatan si TsabitaBoneka :
Foto-foto di artikel ini adalah contoh-contoh customize puppet customer kami yang tidak dibuat massal (special order), bukan foto tahap pembuatannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...